Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Main Menu

Fungsi Software

Software (Sistem Informasi) pada awal dikembangkan adalah dalam rangka untuk lebih mudah mengotomatisasi laporan. Jadi semisal Anda membutuhkan laporan yang merupakan hasil kali dari sebuah inputan, maka formula hasil kali itulah yang menjadi core tujuan akhir di dalam sebuah software.
 


Contohnya adalah ketika Anda membutuhkan hasil berapa sih omset pendapatan bisnis saya dalam bulan ini ? Formula core software-nya adalah dengan menjumlahkan seluruh pemasukan anda bulan ini, maka ketemu lah total omsetnya.

 

Formula yang seperti itulah yang kemudian di masukkan ke dalam sistem sebuah software dan anda tinggal memasukkan masing-masing pendapatan di bulan tersebut dan software lah yang akan memprosesnya menjadi hasil keseluruhan omset Anda bulan tersebut. Mirip-mirip pekerjaan kalkulator, hanya saja lebih kompleks.
 
Namun di zaman sekarang software sudah berkembang dengan konsep integrated. Dengan konsep ini memungkinkan banyak orang bekerja dengan perangkat yang berbeda-beda namun terkoneksi satu sama lain. Hal ini sangat memudahkan bagi decision maker untuk melihat laporan dengan perangkatnya tanpa harus bergantian memakai komputer si pegawai.

 

Selain itu dengan teknologi pembagian role akses maka pegawai tidak akan mengetahui data-data yang memang khusus untuk pemilik. Demikian juga antar pegawai dengan pekerjaan berbeda tidak akan bisa melihat hasil pekerjaan satu sama lain. Ini penting dan sangat berguna juga di dalam kebijakan penggajian. Agar tidak terjadi kecemburuan antar pegawai mereka bisa dibuat tidak saling lihat gaji masing-masing.

 

Ini adalah fungsi software Sistem Informasi dil level kedua.

 

Perkembangannya adalah :
 
Di mana saat ini sudah menggunakan teknologi internet dengan sedemikian familiar maka dengan menggunakan teknologi internet ini (yang mana software anda di-install di hosting) memunculkan kemudahan berupa : selama ada jaringan internet anda bisa memantau keadaan bisnis Anda dari mana pun anda berada. Sangat memudahkan.

 
 
Kemudian lebih ke depan (level ketiga), ada lagi satu fungsi yang lebih maju berikutnya, yaitu : level yang kita sebut yang ketiga yaitu dimana software bisa memproses menyediakan data perkembangan grafik dari usaha anda. Dengan membaca perkembangan grafik periode waktunya, Anda bisa menentukan upaya apa untuk meningkatkan omset penjualan anda (jika anda lihat dalam grafik tersebut perkembangan penjualan tidak bagus).

 

Demikian juga jika grafik perkembangan usaha anda terlihat bagus, anda bisa mengkopi dan memformulasikan usaha anda selama ini. Bisa anda cetak birukan untuk mengembangkan cabang bisnis.
 
Jika mau naik level lebih tinggi lagi (level keempat) maka implementasi fungsi yang ketiga ini adalah pada industri 4.0, yakni dimana hardware bisa dikendalikan dengan software dari jarak jauh menggunakan internet. Lebih asyik lagi bukan? Implementasinya kalau untuk bisnis seperti pada internet of thing. yakni mengelola properti dan kontrol sistemnya dengan smart home. Lebih jauh tentang ini mungkin akan kita bahas lain waktu insyaAllah.