Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Main Menu

pekerjaan menyenangkan di era milenia

 

Di jaman sekarang ini banyak pekerjaan-pekerjaan baru yang 20 tahun yang lalu tidak ada tapi menjadi ada. Pekerjaan pekerjaan tersebut muncul seiring dengan berkembangnya teknologi sebagai dampak keberadaan internet. Saat ini internet sudah merupakan bagian kebutuhan pokok kegiatan masyarakat modern. Berbagai lini pekerjaan seakan tak bisa jalan tanpa adanya internet.

 
Sementara itu industri baru memulai masuk ke fase zamannya teknologi industri 4.0, ternyata gaya komunikasi manusia lebih awal dalam memasuki era 4.0 ini.
 
Ada 3 pekerjaan yang kelihatannya menyenangkan dan bisa menghasilkan uang yang lebih dari cukup bagi anda yang ingin menekuninya. 
 
Maksud saya dengan istilah menyenangkan disini adalah  dimana pekerjaan ini bisa diselaraskan dengan hobi atau kesenangan anda. Selain itu juga bisa disesuaikan dengan kapan waktu anda longgar tanpa tekanan dari bos. Bos anda adalah diri anda sendiri. Jika anda capek anda boleh tidur, dan silahkan kerjakan pada saat anda sudah segar kembali.
 
Selain itu yang membuat pekerjaan ini menurut saya cukup menyenangkan dan bikin nyaman adalah, pada level menengah di suatu saat nanti, setidaknya anda bisa berpenghasilan 20-30 juta rupiah sebulan cukup dengan hanya kerja kurang dari 10 jam per pekan. Cukup nyaman bukan?
 
Saya tidak sedang membicarakan mereka yang telah sukses besar di pekerjaan ini dengan pendapatan lebih dari 1 milyar sebulan. Yang saya bicarakan disini adalah level kenyamanan saat bekerja. Ini yang kadang tidak bisa dinilai dengan uang. 

 

Namun perlu disadari bahwa pekerjaan ini tidak ada yang instan. Anda harus siap tidak mendapatkan bayaran di awal-awal kerja.

 

Langsung saja berikut adalah ketiga pekerjaan tersebut.

 

Yang pertama adalah sebagai Youtuber.

Mempunyai pekerjaan sebagai seorang youtuber (yang sukses) saat ini merupakan salah satu pekerjaan yang difavoritkan oleh generasi milenial. Namun amat disayangkan ilmu untuk menjadi Youtuber yang baik dan handal belum banyak diketahui dan dipahami oleh sebagian besar mereka yang berminat menjadi Youtuber tersebut. Sehingga jangan heran jika 95% dari youtuber mengalami kegagalan dan akhirnya frustasi meninggalkan pekerjaan tersebut. Belum lagi saat ini profesi menjadi Youtuber memiliki persaingan yang luar biasa banyak. Jadi jika anda bercita-cita ingin menjadi seorang Youtuber, Anda harus siap mental untuk menjalani step by step sampai dengan video-video anda benar-benar menghasilkan. Tak perlu kesusu terkenal, yang penting nikmati dan jadilah Youtuber dengan konten yang original dan baik.

 

Diantara ilmu nya untuk menjadi seorang Youtuber adalah sebagai berikut :

  1. Anda harus siap setidaknya 2 tahun awal untuk “puasa” tidak mendapatkan hasil apa-apa dari video video YouTube anda. Karena berdasarkan riset, perkiraan waktu tersebut adalah waktu yang ideal sampai Anda mendapatkan jamaah atau subscriber yang cukup. Periode waktu ini bisa lebih cepat atau bisa lebih lambat.Tergantung tingkat keseriusan anda. Jika serius saya kira 6 bulan juga bisa. Namun dari awal sebelum anda meng-upload video, Anda harus menentukan dulu niche atau tema apa yang hendak anda geluti.

 

  1. Anda harus menentukan niche anda dulu. Baiknya, setidaknya Anda harus menentukan konsep video-video anda dalam waktu 2 bulan. Anda harus belajar memahami bakat dan karakter anda untuk Anda tuangkan kedalam video-video anda dan mana yang terbaik menurut anda untuk menjadi jiwa dari video video tersebut. Jadi konsepnya silahkan difixkan dulu selama 2 bulan, baru kerjakan dengan istiqomah upload video secara periodik ajeg waktunya setidaknya sepekan 2 kali dalam total setidaknya selama 2 tahun. Selama itu jangan harap dapat pendapatan dulu. Cukup fokuskan untuk terus menyempurnakan konten dan konsep.

 

  1. Sadar diri bahwa ini adalah bukan termasuk pekerjaan duit cepat. Apalagi jika anda tidak didampingi oleh ahlinya. Oleh karena itu ada baiknya anda berguru atau berkomunikasi dengan ahli di bidang ini yang siap menularkan ilmunya kepada anda. Dan perlu dicatat, hati-hati juga terhadap mentor-mentor yang kurang bertanggung jawab yang tujuannya hanya untuk mendapatkan uang dari Anda tapi ilmu tidak ada atau tidak seberapa. Di sinilah seninya Anda harus hati-hati sekaligus berani. Ya sama seperti profesi profesi pekerjaan bisnis yang lain yang di awal juga membutuhkan hal-hal seperti ini : keberanian dan kehati-hatian.

 

Karena profesi Yotuber merupakan salah satu profesi yang digandrungi saat ini maka jangan heran jika hal ini juga dimanfaatkan sejumlah orang untuk mengais rejeki untuk menjadi coach. Ya hati-hati aja terhadap iming-iming kesuksesan secara instan. Jangan mudah terpedaya dan jangan mudah apriori.

 

  1. Tips keempat adalah Jangan tergantung terhadap adsense karena masih ada beberapa cara lain mendapatkan uang selain dari AdSense. Mengapa? Karena berdasarkan riset, pendapatan dari adsense ini sangat kecil terutama untuk negara kita. Istilahnya tidak nyucuk dengan hasil karya anda.

 

Mungkin ilmu tentang menjadi Youtuber ini bisa Saya bahas di lain waktu kalau di sini ya tentu terlalu panjang nanti ya. Bisa jadi nanti akan kita bahas dalam sebuah PDF dokumen menjadi seorang youtuber.

 

Pekerjaan yang kedua adalah sebagai fotografer.

Profesi yang berikutnya adalah sebagai fotografer. Di zaman milenial ini dimana sudah ada Instagram, maka anda bisa menggunakannya untuk menjadi sarana memajang portofolio dari pekerjaan pekerjaan potografi Anda. Syarat utama menjadi seorang fotografer yang handal, Anda harus memiliki hobi di bidang ini dan juga memiliki pengetahuan estetika yang baik. 2 syarat ini mau tidak mau harus anda miliki jika pingin sukses.

Jika Anda memang sangat bersungguh-sungguh berminat menjadi seorang fotografer dan ingin menekuninya, maka menurut saya, anda harus belajar setidaknya 1 tahun untuk mendapatkan ilmu fotografi yang baik. Setelah 1 tahun baru karya anda akan berasa dan layak untuk dijual.

Untuk menekuni profesi ini, Anda juga harus menyiapkan modal setidaknya 10 juta untuk kamera dan berbagai perangkat fotografi agar tercipta untuk foto yang bagus. bahkan dalam fotografi ini pun masih bisa dibagi-bagi lagi spesialis di bidang apa. Pilihannya adalah : spesialis di bidang food fotografer, human being fotografer, wedding, natural, industrial fotografer dan lain sebagainya.
 
Anda harus menentukan kecocokan Anda di mana. Sesudah itu anda tekuni bidang tersebut setidaknya 6 bulan sampai tercipta brand produk yang memiliki sentuhan diri Anda dan seni yang disukai pasar. Jika karya anda sudah terkenal, tentu akan menjadi mudah untuk bagaimana mendapatkan uang dari karya anda.

 

Salah satu caranya adalah dengan menerima tawaran dari berbagai perusahaan untuk kebutuhan foto-foto mereka. Seperti foto-foto untuk kalender, untuk website, dan untuk kebutuhan promosi dan marketing mereka yang lain. Ada salah satu teman yang dikontrak oleh perusahaan di mana setidaknya perbulan dia dibayar 100 juta untuk foto-fotonya bagi perusahaan tersebut. Tentu ini peluang yang bagus untuk fotografer.

Cara lain menghasilkan uang dari potografer adalah dengan menjual jasa pelatihan potografi online. Dengan cara ini juga bisa menghasilkan uang cukup banyak. Ada beberapa situs di luar negeri yang menjual konsep ini dan sukses besar.

 

Pekerjaan Yang ketiga adalah sebagai writer.

Menjadi seorang writer/ penulis adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Bagaimana cara menemukan ide untuk kemudian dikembangkan menjadi sebuah artikel yang lumer enak dibaca bukanlah perkara gampang. Harus ada pembelajaran yang berkesinambungan dan tidak mudah putus asa. Setidaknya harus anda baru bisa menjadi penulis yang baik jika sudah memiliki karya di atas 50 artikel. Itu berdasarkan pengalaman saya selama ini ngajar nulis konten untuk anak didik saya yang magang di Amanah Solution.

Selain itu tantangannya, di awal-awal Anda menulis tentu akan susah untuk mendapatkan bayaran. Yang saya maksud disini adalah keahlian dalam copywriting. Namun seiring dengan semakin lancarnya Anda menulis dan semakin baiknya anda dalam menciptakan cerita insyaallah akan semakin besar pula peluang pendapatan yang akan anda dapatkan. Ya memang diantara cara-cara Anda dapat menghasilkan uang dengan menulis adalah diantaranya dengan menguasai ilmu content writing.

 

Di zaman sekarang ini profesi sebagai content writer banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang berjualan banyak berseliweran di dunia online. Dari pemula yang bayarannya kurang dari Rp. 25.000 sampai dengan seorang content writer profesional yang bayarannya bisa mencapai lebih dari Rp. 1.000.000 per kontennya.

 

Selain sebagai content writer anda juga bisa menjadi seorang blogger. Untuk menjadi blogger, sebagaimana profesi Youtuber dan Photografer, anda juga harus fokus pada niche yang memang spesialis untuk yang akan anda geluti nantinya. Menjadi seorang blogger profesional biasanya spesialis pada bidang tertentu. Di mana tulisannya tidak campur aduk gado-gado dengan banyak tema.
 
Dengan spesialis di satu titik bidang niche tertentu, maka blog anda lama kelamaan akan di kenal sebagai spesialis di bidang itu. Jika blog Anda terlalu luas bidangnya malah akan membuat Anda terlalu lelah untuk menyiapkan servis yang baik untuk semua bidang pada blog Anda tersebut karena kekuatan anda tentu terbatas. Menekuni satu bidang dan fokus didalamnya sampai dengan expert tentunya masih jauh lebih baik daripada menekuni semua hal namun karena energi yang terbatas, malah hasilnya hanya dangkal-dangkal saja.

 

Banyak contoh blogger-blogger sukses yang bisa ditiru di dunia ini. Bahkan situs-situs besar dunia seperti tech crunch, Huffington Post, mashable, awal mulanya adalah juga merupakan situs yang berasal dari blog biasa. Namun karena ketekunan mereka yang luar biasa di bidangnya masing-masing dan konsisten untuk istiqomah disana, maka saat ini mereka bisa menjadi situs besar yang digemari banyak orang. Miliaran bahkan puluhan miliar bisa didapatkan dari hasil pengelolaan situs ini dalam satu bulannya. Cara menghasilkan uang nya tentu macam-macam. Tidak hanya dari adsense saja.

Bahkan banyak situs yang mendapatkan pemasukan justru tidak dari adsense karena ternyata adsense memberikan reward yang terlalu kecil. Seperti contohnya situs lokal macam sugeng.id dimana dia mendapatkan pemasukan dari berjualan template. Situs-situs lain barangkali memiliki cara lain dalam memonetisasi blognya. Untuk mengetahui cara monetisasinya ada baiknya anda untuk mencoba mengunjungi beberapa situs terkenal seperti : panduanim, maxmanroe, dan lain sebagainya. Tapi ketika berkunjung tersebut jangan sampai anda terjebak pada niche mereka. Tetap fokus pada niche anda, karena itulah yang seharusnya paling anda kuasai.

Ya intinya insyaAllah monetisasi itu gampang sesudah blog Anda dikenal banyak orang.

 

Demikian 3 jenis pekerjaan yang cukup santai bisa disesuaikan dengan hobi dan bisa anda kerjakan di mana pun anda mau. Tapi kerja keras tetap harus di munculkan terutama di awal-awal ketika belum menghasilkan. Anda harus siap untuk “puasa” tidak mendapatkan bayaran dalam bidang pekerjaan ini setidaknya 6 bulan sampai 1 tahun pertama. Anda harus konsisten selama periode waktu itu dengan terus mengupdate karya anda tanpa berharap bayaran sama sekali agar anda lebih survive dari tekanan.
 
Ya anggaplah kerjaan sukarela atau sosial. Jangan mengharapkan bayaran. Lebih baik lagi jika Anda mengharapkan ridho Allah. Jadi kalaupun toh belum banyak dibaca orang, paling tidak konten-konten yang anda muncul kan memang niatnya untuk mendapatkan pahala. Adapun jika mendapatkan uang maka itu bonus. Semoga kita bisa...