Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Main Menu

7 peta kesuksesan duit milyaran

 

Siapa sih yang tidak ingin sukses. Bahkan tidak hanya sukses akherat, dalam hal ini kesuksesan dunia pun semua orang juga pasti ingin. Nabi saja mengajarkan kepada kita untuk berdoa :  

Rabbana aatina fidun-ya Hasanah wa fil aakhiroti Hasanah waqina adzabannar”.

Yang artinya adalah : “Ya Tuhan kami berikanlah kepada kami di dunia ini kebaikan dan di akhirat nanti juga kebaikan dan jauhkanlah kami dari azab api neraka. “

Jadi bisa dipahami bahwa jika manusia itu menginginkan kenikmatan, maka  itu sudah dari sononya emang begitu. Ya kan nenek moyang kita yaitu Mbah Nabi Adam ‘alaihissalam dulunya diciptakan tinggal di Surga dengan segala kenikmatan dan kelezatan nya.

Adapun di dunia ini lain dengan di surga yang mana segala kenikmatan dan kelezatannya didapatkan dengan tanpa ada usaha sama sekali. Nah untuk mendapatkan kenikmatan di dunia ini manusia harus berusaha. Usaha ini bisa berhasil bisa juga tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Semua hasil ditentukan oleh Allah sesuai kehendakNya. Namun demikian Allah telah menetapkan adanya sebab-sebab untuk mendapatkan segala sesuatu yang diingini oleh manusia di dunia ini. Sebab-sebab itulah yang bisa kita jadikan jalan untuk menjangkau kesuksesan.

 

Diantara sebab-sebat tersebut yang dapat menyebabkan kesuksesan seseorang di dunia ini adalah diantaranya :

  • sifat kerja keras
  • amanah tanggung jawab
  • kejujuran
  • kerja yang smart
  • kreatif dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut merupakan sebab yang dapat diimplementasikan oleh manusia untuk mendapatkan kenikmatan dunia.

 

Adapun jalan yang bisa ditempuh untuk mendapatkan sukses dunia yang bisa saya sebutkan ada 7 sebagaimana yang akan saya jelaskan di bawah ini. Bedakan antara sebab dengan washilah/ jalan yang bisa ditempuh yang akan saya sebutkan disini.

 

Ketujuh jalan sebagaimana pada judul diatas adalah hasil dari pengamatan saya yang mungkin saja (bahkan pasti) banyak jalan yang di luar dari ketujuh tersebut yang tidak ada dalam benak saya karena keterbatasan pengetahuan yang saya punyai. Dan ketujuh hal ini adalah yang bisa ditempuh oleh kita terutama di zaman sekarang ini. 7 hal ini yang menurut saya paling cepat untuk mendapatkan uang yang banyak bahkan milyaran atau mungkin sampai triliunan juga bisa dengan cepat. Mungkin bidang lain juga banyak yang bisa dijalani.
 
Bahkan dalam sebuah kajian, Ustadz Yazid Jawas pernah menyampaikan bahwa banyak bahkan ribuan mata pencaharian yang bisa ditempuh oleh kita untuk mendapatkan nafkah atau penghasilan. Untuk kali ini saya coba sarikan 7 jalan yang menurut saya memiliki potensi yang cepat untuk mendapatkan kekayaan dengan banyak, bahkan mencapai miliaran atau bahkan triliunan dalam waktu yang relatif singkat kurang dari 10 tahun.

 

Namun yang perlu digaris bawahi bahwa ini adalah bukan jalan instan. tetap dibutuhkan kerja keras, kreativitas, dan sikap mental yang tidak mudah putus asa. Dan jangan lupa tetap dibutuhkan doa karena yang menentukan hasilnya adalah Allah. Poin terakhir ini yang mungkin paling harus digarisbawahi.

 

Langsung saja berikut adalah ke-7 poin tersebut.

 

  1. Pemasok untuk Pabrik/ Perusahaan lain.

Pabrik merupakan industri yang membutuhkan bahan baku dalam jumlah besar. Jika anda memiliki channel ke beberapa pabrik untuk mensuplai bahan bakunya, apalagi bahan baku dari Anda adalah bahan baku yang berkualitas tinggi yang lebih baik dari pesaing pesaing Anda kualitasnya, insya Allah anda akan cepat mendapatkan harta kekayaan dari sini. Saya memiliki seorang kenalan yang dia memiliki channel untuk mensuplay bahan kulit berkualitas untuk sebuah pabrik sepatu.

Hanya dengan satu pabrik yang disuplai dia sudah cukup mendapatkan kekayaan yang banyak. Bahkan orang ini menjadi yang termasuk salah satu orang terkaya di kecamatan itu. Ini membuktikan bahwa supplier untuk pabrik masih merupakan cara tercepat untuk mendapatkan kekayaan. Jika dengan mensuplai satu pabrik saja sudah cukup untuk membuat anda kaya, apalagi jika anda mendapatkan 10 atau bahkan 100 pabrik. Tentu anda akan cepat kaya raya.

Adapun produk anda, saya bisa mengatakan bahwa bahan baku yang dibutuhkan pabrik ini relatif banyak. Anda bisa menelitinya dan mencari supplier produk yang terbaik agar bisa bersaing dengan kompetitor. Namun sekali lagi di sini kepercayaan dari pabrik dan link pendekatan yang baik kepada mereka tetap anda butuhkan. Strategi komunikasi yang baik harus anda memaksimalkan. Ada baiknya anda belajar dulu ilmu marketing dan persuasi. Juga anda harus menguasai produk yang anda jual. Itu poin nya.

 

  1. Persewaan Kebutuhan Utama Yang Merupakan Urat Nadi Perusahaan

Kalau pada poin pertama di atas adalah Anda mensuplai kebutuhan bahan baku maka pada point kedua ini adalah Anda mensuplai persewaan jasanya. Apa maksudnya? Maksudnya adalah bahwa pabrik itu kan memerlukan alat-alat yang digunakan untuk kegiatan operasionalnya. Dan ternyata alat-alat tersebut tidak semuanya merupakan milik mereka. Banyak yang merupakan jasa persewaan. Nah ini merupakan celah yang bisa anda manfaatkan. Kalau ada pertanyaan : Kenapa mereka-mereka memilih menyewa? Ya banyak alasan.
 
Kayak pertanyaan mengapa orang-orang mau menyewa jasa kontraktor sipil jika mereka bisa mengerjakan sendiri? Ya tentu saja diantaranya adalah ketidakmampuan SDM mereka untuk mengurusi atau maintenance alat-alat yang di sewa tersebut. Kualitas yang menjadi pembeda. Alasan lainnya adalah tentu waktu yang mereka miliki terbatas. Daripada waktu digunakan untuk mengurusi alat tentu lebih baik jika digunakan untuk diisi dengan upaya-upaya dan strategi lain meningkatkan pendapatan perusahaan.

 

Saya pernah punya teman yang memiliki teman (temannya teman, hehe...) yang memiliki bisnis persewaan alat berat untuk perusahaan-perusahaan tambang. Alat tersebut seperti bego, traktor, truk besar, dan alat penumbuk batu mungkin. Perusahaan tambang biasanya melakukan sewa ke pengusaha ini karena tidak mau repot dengan maintenance  dan selain itu juga karena kemampuan SDM dalam penanganan trouble shooting alat berat yang tidak ada.

Dan ternyata harga sewa dari peralatannya ini tidak main-main yaitu berkisar antara 80 sampai 100 juta perbulan. Tentu harga segitu sudah include dengan driver dan berbagai tetek bengek maintenancenya.

Mari kita coba itung-itungan laba yang dia dapat. Taruhlah untuk 1 alat berat bisa menghasilkan laba bersih 50% dari biaya perkiraan sekitar 50 juta perbulan, maka dengan 10 alat berat saja sudah mendapatkan 500 juta perbulan. Sementara bapak pengusaha yang diceritakan teman saya ini memiliki perkiraan saya sekitar 270 sampai 300 alat berat. Dengan channel perusahaan penambangan yang sangat banyak di daerah Sulawes, menjadi sesuatu hal yang lumrah jika dalam sebulan ada paling tidak 10 miliar masuk ke kantong pribadi nya. Dan itu sudah bersih. Jadi jangan main-main dengan penghasilan dari jasa persewaan alat berat ini. Hasilnya besar...

 

Namun yang perlu digarisbawahi dalam usaha ini, anda harus memiliki ilmu yang sangat dalam dalam dunia keteknikan alat berat. Jika anda harus memulai dari awal, saya menduga setidaknya diperlukan waktu 2 tahun bagi anda untuk belajar benar-benar dengan serius tentang dunia keteknikan alat berat. Ya tentu saja agar Anda paham bagaimana maintenance alat berat dengan segala trouble shooting nya.
 
Kemudian setelah itu anda harus mengalokasikan waktu setidaknya 1 tahun untuk belajar manajemen dan pemasaran ke perusahaan-perusahaan yang memang membutuhkannya seperti yang di atas yang dicontohkan adalah perusahaan tambang. Dan jangan lupa ada harus kreatif dan memiliki sesuatu yang lebih dibanding perusahaan supplier pesaing.

 

  1. Teknologi untuk kebutuhan Massal

Berikutnya adalah teknologi untuk kebutuhan masal. Apa itu maknanya? Buanyak sekali yang bisa digarap di bidang ini. Biasanya bidang ini adalah bidang ilmuwan.

Saya kasih contoh yang sederhana saja. Anda tentu tahu jumlah mobil yang sangat banyak di dunia ini. Jika anda memiliki teknologi yang bisa memperbagus kinerja mobil, entah itu di energinya atau dikendalinya, atau apapun itu maka berapa juta yang kira-kira akan menjadi customer anda? jika satu picis Anda hargai 100 ribu rupiah saja kemudian anda miliki 1 juta customer maka sudah ada 100 miliar yang bakal masuk ke kantong anda.
 
Ya taruhlah perkiraan pendapatan sebesar itu baru anda dapatkan sesudah terakumulasi lebih dari 2 tahun, tetap nilai yang fantastis bukan? Namun untuk bisnis ini tentunya anda harus pinter memiliki pengetahuan dan riset yang dalam sampai produk anda bisa memiliki standar yang diakui.

 

Saya kasih contoh misalkan Pak Habibie. Berdasarkan yang saya baca, beliau ini memiliki setidaknya 35 royalti hak cipta di bidang penerbangan. Jadi Beliau memiliki banyak terobosan teknologi di bidang alat-alat penerbangan atau pesawat terbang.

Dari hak atas royalti terhadap patennya, diperkirakan kekayaan beliau mencapai 500 miliar lebih dari pendapatan royalti dari setiap alat yang terjual oleh perusahaan yang merupakan klien dari Pak Habibie ini.

Tentu anda tidak harus sepintar Pak Habibie untuk berbisnis di dunia paen teknologi ini. tapi cukup memiliki satu atau beberapa teknologi yang itu dapat mengefisiensi alat-alat yang ada. Insya Allah dengan washilah ini insyaAllah akan mempercepat dan memperbanyak peningkatan kekayaan anda.

Selain diperlukan kecerdasarn, tantangan lain dalam bisnis ini adalah kemampuan anda untuk menjaga teknologi tersebut dari di daftarkan oleh atas nama teman Anda atau orang lain. Bisa jadi Anda malah tidak mendapatkan apa-apa. Kasus pencurian hak cipta kerap terjadi.

Karena saya pernah dapat cerita dari salah seorang alumni teknik elektro ITS tentang pencurian hak cipta ini.  Beliau bercerita bahwa beliau memiliki penemuan tentang teknologi untuk mendapatkan data radar dari 10 tahun yang lalu di mana di zaman itu tidak ada alat alat atau teknologi pendukung nya. Tapi dia berhasil mendapatkan teknologi untuk bisa menggapai data radar penerbangan itu pada tahun itu.

Nilai dari teknologi ini tidak main-main, kabarnya mencapai 100 miliar lebih. Tapi ternyata begitu selesai penelitiannya dan mendapatkan hasil yang memuaskan tinggal dijual, tapi karena “kesembronoan nya” mungkin malah akhirnya didaftarkan oleh temannya dan atas nama temannya itu. Ya beliau tidak mendapatkan apa-apa, malah yang kaya malah temannya itu akhirnya. Kan eman eman itu.

Ya meskipun jika anda ikhlas dengan kondisi ini, anda akan dapatkan banyak pahala besar dari sini tapi ya namanya hati manusia kan untuk ikhlas itu sangat sulit. Alangkah baiknya jika anda bisa menjaga dengan baik teknologi tersebut agar tidak di ambil orang. Insya Allah dengan cara demikian anda lebih mudah menjaga keikhlasan dan juga bisa mengalokasikan sebagian kekayaan anda untuk bersedekah atau membantu dakwah Islam. Di situ pahalanya juga besar pastinya insya Allah.

 

  1. Penguasaan Teknologi baru untuk Hankam.

Untuk mencari dunia dengan cara ini yang penting anda harus memiliki terobosan teknologi di bidang HANKAM.

Pernah lihat film iron Man? Di situ digambarkan seorang Tony Stark yang memiliki otak jenius yang bisa menemukan berbagai alat dalam dunia pertahanan dan keamanan. Dengan ciptaan alat-alatnya tersebut dia bisa kontrak pengadaan persenjataan dengan departemen pertahanan dan keamanan Amerika. Maka dari situ dia menghasilkan duit yang banyak, bahkan diceritakan pada filem tersebut bahwa dia menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Meskipun itu hanya film, sebenarnya bisa juga untuk diterapkan di dunia nyata. Saya memiliki seorang teman yang saat ini dia menjadi salah satu pengajar freelance di sekolah penerbangan di Maguwo. Awalnya dia memiliki keahlian untuk pengendalian dan maintenance radar untuk angkatan Laut. Sampai akhirnya mendapatkan kontrak dengan angkatan laut dan berbagai proyek dari Pindad.
 
Iya dia akhirnya dapat banyak kekayaan dari sini, bahkan mencapai miliaran nilainya. Ya meskipun belum menjadi orang yang masuk kategori super kaya tapi paling tidak relatif mudah dalam menemukan jalur untuk mendapatkan ekonomi.
 
Anda bisa menirunya misalkan saja anda memiliki teknologis spy, atau teknologi persenjataan kimia, atau baju penghilang, atau hal-hal lain yang diperlukan untuk Departemen Pertahanan. Ya memang resikonya teknologi itu jika diterapkan dalam hal yang salah maka khawatirnya anda ikut menanggung dosanya. Tapi jika memang untuk bela negara dan menegakkan kalimat Allah insya Allah pahalanya juga besar. Poin 4 ini merupakan pengembangan dari poin 3 di atas.

 

  1. Energi baru yang lebih efektif

Ketika kita membicarakan energi terbarukan yang lebih efektif dari energi sebelumnya mungkin ada bayangan di benak kita mengenai baterai. Ya baterai.

Baterai merupakan sumber energi yang dianggap lebih efektif dan efisien daripada minyak atau bahan bakar fosil. Di kala minyak atau bahan bakar fosil menghasilkan gas CO dan CO2 yang memiliki tingkat pencemaran yang tinggi, disini baterai lebih unggul karena merupakan sumber energi yang hampir tidak ada ke sisa gas buangnya sehingga sangat aman untuk lingkungan hidup.
 
Sementara itu baterai juga memiliki keunggulan lain yang tidak bisa disepelekan yaitu bahwa baterai tidak menimbulkan polusi suara. Lain dibandingkan dengan bahan bakar bensin atau solar yang menimbulkan suara bising. Meskipun ada kekurangannya seperti jika menjelang habis maka energi baterai akan membuat kekuatan energi menjadi lebih menurun tapi ternyata masih bisa di carikan solusinya dan dikembangkan teknologinya sehingga hal itu tidak menimbulkan an masalah besar bagi pembeli.

 

Anda tentu tahu Tesla kan? Ya, perusahaan mobil listrik besutan dari Ellen Musk ini merupakan leadernya untuk mobil listrik di dunia. Ellen Musk mencurahkan waktunya bertahun-tahun untuk mengadakan penelitian di bidang teknologi listrik ini. Sehingga tidak heran jika Allah berkehendak memberikan kesuksesan pada perusahaan Tesla yang saat ini menjadi leader perusahaan teknologi listrik di dunia. Mobil-mobil listrik produksinya selalu dikenal unggul. Ya walaupun harganya luar biasa mahalnya untuk kantong kita.

 

Tentunya untuk usaha dibidang ini yang perlu Anda siapkan adalah modal yang tidak sedikit. Jika anda memiliki modal kurang dari 10 miliar Saya kira lupakan untuk bisa menjadi orang kaya raya dari bidang ini. Namun kabar baiknya untuk memangkas biaya pengembangan teknologinya, caranya adalah Anda bisa reset jalan-jalan ke kampus melihat karya-karya mahasiswa.
 
Pilih teknologi pengembangan mereka yang menurut anda kira-kira akan menjadikan kehidupan lebih baik. Lalu anda bisa ngambil itu  dan menawarkan kerjasama dengan mahasiswa yang menciptakannya. Kemudian Anda kembangkan bareng-bareng dan kita lihat hasilnya apakah memang benar-benar sesuai harapan.

 

  1. Eksportir ke negara kaya

Saya terinspirasi dari salah seorang teman yang memiliki usaha di bidang garment.

Harga pakaian itu kan semakin lama semakin murah dan kalau kita lihat harga jilbab misalnya di online shop itu mungkin di bawah 100 ribu rupiah sangat banyak.

Tentunya sebuah industri garmen jika mengejar murah-murahan, dia tidak akan bisa bersaing dengan produsen lain (konveksi) yang begitu murah dan semakin murah seperti yang ada di online shop-online shop tersebut.

Oleh karena itu diperlukan kreatifitas dalam berkompetisi mendapatkan pasar.

Diantara strategi yang bisa diambil adalah dengan menjual dengan  tempat tujuan pemasaran yang lebih jauh. Yang saya maksud disini adalah ekspor ke timur tengah atau Eropa misalnya. Dengan mendapatkan pasar kalangan atas orang Timur Tengah atau Eropa, insyaAllah harga bisa dinaikkan. Yang pada gilirannya nanti dapat berimbas pada kekayaan Anda yang meningkat juga.

Teman saya ini pernah supply baju yang di Indonesia harga maksimalnya mungkin hanya 800 ribu rupiah. Tapi dia melalui seorang teman, berhasil mengirim ke Qatar. Di sana ternyata berhasil laku dengan harga 7 juta rupiah. Dan itu baru main kirim beberapa potong saja alias kecil-kecilan. Coba bayangkan kalau bisa mendevelop itu dengan branded yang mahal dan menjual secara massal. Tentu akan cepat menghasilkan kekayaan yang lebih banyak.

Tapi tentu konsekuensinya jika ingin berbisnis di bidang ini, anda harus memiliki produk yang bagus dan pengetahuan jaringan export yang bagus juga. Untuk belajar tentang ekspor Anda bisa bergabung dengan komunitas-komunitas bisnis ekspor yang banyak digagas oleh para pengusaha akhir-akhir ini. Yang bisa saya rekomendasikan salah satunya adalah yang digagas oleh KPMI, Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia. Saya tidak ngiklan lho... Hanya share pengalaman.

Pengalaman lain, saat ini saya juga diajak seorang mbak-mbak exportir untuk bekerjasama export rempah-rempah ke Dubai. Menggiurkan sebenarnya. Tapi apa daya, passion lebih ke bidang tulis-menulis. hehe

 

  1. Mengumpulkan follower

Cara lain untuk mendapatkan kekayaan cepat yang akhir-akhir ini banyak diminati oleh kita adalah dengan cara mendapatkan follower atau “jamaah” sebanyak-banyaknya. Seperti selebgram maupun youtuber itu kan pada dasarnya nya kan mengumpulkan followers sebanyak-banyaknya. Dengan follower yang banyak, anda akan dengan mudah broadcast produk Anda sendiri ataupun produk orang lain dalam bentuk iklan ke follower tersebut.

Taruhlah anda memiliki 1 juta follower. Maka sekali broadcast, melalui algoritma yang ada saat ini di instagram dan Youtube maka iklan produk Anda akan didistribusikan ke setidaknya 10 % dari 1 juta tersebut. 10 % dari 1 juta adalah 100 ribu, dan jika asumsi yang beli adalah 10 % nya lagi, maka perkiraan produk anda akan dibeli oleh 10 ribu orang.
 
Taruhlah per produk anda mendapatkan keuntungan bersih 20 ribu, maka ya tinggal dikalikan saja 10 ribu x 20 ribu. Jadi sekali broadcast penjualan anda akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar 200 juta rupiah. Enak kan ?

Tentu untuk menjadi seorang endorsement seperti ini anda perlu waktu sampai jamaah anda benar-benar banyak dan loyal. Menurut perkiraan saya, setidaknya Anda harus puasa 2 tahun sampai benar-benar jamaah atau follower ada banyak atau mencapai titik minimal untuk bisa di endorse produk.
 
Selain itu Anda juga harus punya cara untuk menjaga jamaah Anda tersebut agar tidak lari atau hilang karena bisa jadi sewaktu-waktu YouTube atau IG mengubah algoritmanya sehingga menimbulkan postingan anda tidak dibaca oleh jamaah anda. Meski sedikit, kemungkinan itu tetap masih ada.
 
Beratnya usaha dibidang ini juga karena begitu banyak pesaing. Anda harus menemukan niche yang tepat untuk mendapatkan positioning yang tepat pula untuk produk Anda.

Dan yang tidak kalah penting dari bagusnya Niche anda adalah Anda harus menguasai ilmu growth hacking. Yaitu ilmu yang memungkinkan produk Anda untuk cepat di terima pasar. Untuk pembahasan bagaimana implementasi growth hack pada pengembangan usaha anda, lain waktu insyaAllah kita bahas. Kalo tidak lupa. Hehe...

 

Ya mungkin itu sekedar sharing yang bisa saya posting saat ini.  Tentunya masing-masing bidang di atas membutuhkan minat dan bakat di masing-masing nya agar lebih mudah Anda pahami dan lebih mudah Anda jalankan. Untuk yang lainnya kita bisa sharing lewat WhatsApp saya yang saya posting di bagian informasi dari website ini. Semoga bermanfaat. Sesungguhnya pertolongan itu hanya dari Allah. Manusia hanya bisa berusaha semampunya itupun juga masih membutuhkan pertolongan dari Allah. Mari selalu kita camkan hal itu pada benak kita.