Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Main Menu

Bisnis Kost

Bisnis kos merupakan bisnis yang cukup menggoda bagi kebanyakan orang karena dianggap bisa menghasilkan pendapatan tanpa harus banyak bekerja. Pendapatan seperti ini sering disebut sebagai passive income.

 
Namun demikian tidak semua orang bisa menggeluti usaha di bidang kos-kosan. Karena untuk memulai usaha kos diperlukan dana yang tidak sedikit untuk membangun rumah kost. Bahkan untuk wilayah dengan potensi calon penghuni yang besar seperti sekitar kampus, biasanya lebih besar lagi modal yang diperlukan.

 

Untuk rumah kos dengan jumlah kamar 10 kamar saja setidaknya diperlukan investasi pembangunan mencapai 500 juta, itu belum termasuk tanahnya. Untuk mendapatkan rumah kos yang worthed setidaknya dibutuhkan dana 10 miliar, baru bisa digunakan untuk membangun kos-kosan yang lumayan bagus pendapatannya (di atas 40 juta perbulan omset kotor).
 
Namun sesuai dengan judul diatas, mungkinkah bisnis kos-kosan tanpa modal? Kalau sedikit kreatif insya Allah mungkin saja.

 

Anda bisa perhatikan rumah rumah kosong di sekitar tempat tinggal Anda. Menurut survei kecil-kecilan yang saya lakukan dengan mengamati sekitar tempat tinggal, Di sebuah perumahan setidaknya 10% rumahnya adalah rumah kosong. jika terdapat 200 rumah di perumahan tersebut maka terdapat setidaknya 40 rumah yang kosong.

 

Kenapa tidak dicoba kepada pemiliknya untuk mengajak kerjasama persewaan tempat? Kemudian anda mengelolanya dan bagi hasil dengan pemilik. itung-itung membantu mereka yang kesulitan mendapatkan kost sekaligus membantu pemilik kos agar rumahnya bisa produktif.

 
Dengan konsep simpel seperti itu taruhlah dari 40 rumah tersebut ada 5 orang yang mau bekerjasama dengan anda dan dengan perumahannya bisa dijadikan 3 kamar maka anda sudah memiliki 15 kamar. Jika per kamar menghasilkan kotor Rp. 500.000,00 perbulan, maka dalam satu bulan omzetnya mencapai Rp. 7.500.000,00. Dikurangi bagi hasil dan operasional, taruhlah Anda mendapatkan 30% maka anda sudah mendapatkan Rp 2.500.000,00 per bulan. Angka yang cukup lumayan melihat effort pekerjaanya yang tidak membutuhkan waktu ngantor.

 
Dan jika anda ingin benar-benar automatic system maka anda harus menggunakan software yang integrated. Dan ini sebenarnya gampang karena sudah ada Amanah Solution yang siap membantu anda. Anda tinggal menggunakan software Amsol Sikos untuk membantu Anda dalam pengelolaan kos-kosan tersebut. Fully automatic. karena sudah ada versi yang tertinggi di mana penghuni bisa login dan entri pembayarannya sendiri. Sangat memudahkan. Bahkan bisa tanpa admin.
 

Konsep bisnis seperti ini sudah ada, Diantaranya yang paling sukses di dunia adalah jaringan WeWork dan WeLife dari Israel. Total (saat artikel ini ditulis) jaringannya di seluruh dunia nilainya mencapai 13 triliun.
 
Demikian semoga menginspirasi.