Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Main Menu

membagi waktu sesuai kadarnya

Ternyata kata kunci ada pada istilah --> kadar -nya.
Tiap-tiap amalan ada kadarnya. Terlalu banyak ndak baik, terlalu sedikit/ kosong juga ndak baik.
 

Bekerja itu baik, selama sesuai takaran kadarnya. Tak sampai workaholic. Perlu time untuk istirahat. Perlu waktu untuk bercengkrama di rumah. Tapi nganggur(istirahat) yang berlebih juga gk baik. Sesuaikan kadarnya.
 
Membantu pekerjaan rumah itu baik. Asal disesuaikan kadarnya. Karena berlebihan di rumah sampai tidak bekerja keluar itu juga tidak baik. Karena melebihi kadar.
 
Beribadah itu baik. Bahkan sangat baik. Tapi sesuaikan kadarnya. Karena ada saatnya tubuh perlu tidur untuk istirahat. Dan juga ada hak orang lain pada diri ini berupa mencari nafkah. Harus seimbang. Lagi-lagi juga sesuaikan kadarnya agar tidak berlebihan.
 
Tidur itu baik. Karena tidur bisa buat ngecas energi agar bisa ngegas bekerja dan beribadah lagi. Tetapi tidur kelamaan juga ndak baik. Bikin bodoh. Sekali lagi juga tetap diperhatikan takarannya.
 
Berekreasi itu baik. Karena rekreasi bikin relax dan mengurangi ketegangan syaraf. Tapi selalu rekreasi tiap hari, itu juga ndak baik. Boring... Sekali lagi sesuaikan kadarnya...
 
Dan banyak sekali contoh-contoh yang lain..
 
Hidup/waktu ini seperti pizza. Yang perlu dipotong-potong untuk dibagi-bagi pada setiap kewajiban yang ada. Dengan potongan yang tepat, insyaAllah semua akan tertunaikan dengan nyaman.
 
Nah, berapa kadar masing-masing nya ? Default nya tentu sesuai syariat. Waktunya sholat ya sholat,waktunya kerja ya kerja. Waktunya santai ya santai. Kemudian juga tergantung pribadi masing-masing. Masing-masing punya porsi sendiri-sendiri. Orang yang makannya 2 piring tentu beda tingkat kenyangnya dengan orang yang makannya 1 piring.
 
Kemudian di dalam membagi "amanah" pembagian ini, adakalanya selegenje alias mengsle. Adakalanya juga mendzolimi yang lain karena lalai atau nafsu. Disitu pentingnya selalu mengiringi aktifitas dengan istighfar. Untuk menghapus dosa.
 
Wallahua'lam.