Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Main Menu

Pondasi Rapuh Sistem Informasi Perusahaan di Indonesia

Kebanyakan perusahaan di Indonesia memiliki pondasi Sistem Informasi yang rapuh. Mengapa saya katakan demikian?

Suatu kali sebagai vendor perusahaan IT, saya pernah diundang oleh sebuah perusahaan yang cukup bonafit di daerah Gresik. Perusahaannya cukup besar dengan lahan parkir yang luas dan area lahannya yang juga cukup luas. saya perkirakan jumlah karyawannya antara 500 sampai dengan 600 orang. Diindikasi oleh jumlah parkir motor dan mobil yang ada di lahan parkir yang sangat luas tersebut.
 

nilai proyek mengkerut

 

Statemen pada judul di atas bukan gurauan. Tetapi merupakan pengalaman nyata yang bahkan bisa dialami oleh siapa saja. Di situ kita melihat bahwa nilai proyek 250 juta bisa menyusut hanya menjadi 150 juta saja. Dalam kasus yang lain, yang perlu dijadikan pegangan di situ adalah prosentasenya. Turun sekitar 40% dari nilai awal. Angka yang saya tuliskan disini sebenarnya riil, namun untuk pembahasan cakupan proyek yang lebih luas, angka nilai proyek bisa dimaknai sebagai simbol untuk memahamkan keadaan secara umum.
 

Software Jual Lepas adalah Pilihan Terbaik

 

*Cerita sedih...*

Saya punya temen produsen sepatu (sneakers) di Bandung, harganya paling mahal 200rbuan merk (sebut saja A). Sepatu ini laris manis di marketplace besar (sebut saja MP).
 

Data, adalah Harta Paling Berharga di Era Digital ini

 

Kita kita tahu bahwa bisa di abad ke-20 harta yang paling berharga di dunia ini adalah minyak. Dimana pada zaman itu dunia sedang memasuki sebuah fase yang namanya revolusi industri. Dari fase revolusi industri itu mau tidak mau setiap perusahaan harus menggunakan minyak sebagai bahan bakar operasionalnya. Kemudian selain operasional perusahaan yang menyerap bahan bakar minyak adalah transportasi. Diantaranya adalah bensin dan solar untuk menggerakkan mobil. Kemudian avtur untuk menggerakkan pesawat.

Biaya Pengembangan Software Seringkali Lebih Mahal

 

Salah satu hal yang sering luput dari perkiraan owner project dalam menentukan biaya anggaran pengembangan softwarenya adalah tahapan dari pengembangan software. Seringkali owner project hanya merancang anggaran disesuaikan dengan 1 step bagian dari 4 step proses pengembangan sebuah software.
Biasanya yang ada di benak owner project Sebuah software adalah pada fase coding saja yang merupakan hanya salah satu proses pembuatan software tersebut.