Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Main Menu

Apa sih hosting dan domain itu ?
Berikut penjelasannya.

Jika diibaratkan bahwa jaringan internet adalah seperti jalan raya, dimana yang namanya Jalan Raya itu di dalamnya terdapat hiruk-pikuk lalu lintas dari berbagai tempat menuju tempat lain, maka yang dimaksud dengan hosting adalah terminal atau sentra-sentra perhentian. Sedangkan domain adalah nama dari terminal atau sentra-sentra perhentian tersebut.

Road map hosting dan domainRoad map hosting dan domainroad map jalan raya ibarat lalu lintas data di internet

 
Hosting merupakan pangkalan data tempat aplikasi atau software di diletakkan/ diinstall. Kalau secara offline dimana data anda simpan di dalam folder folder pada ROM CPU/ Komputer anda, maka seperti itu jugalah prinsipnya ketika software di online kan. Hanya saja software/ aplikasi/ web Anda disimpan di server yang tentunya memiliki kemampuan akselerasi berlipat-lipat dibandingkan dengan komputer anda. Kemampuan Server yang berlipat-lipat seperti itu memang di desain dari awal untuk tujuan server menjadi pangkalan data yang mudah diakses dari segala penjuru dunia menggunakan jaringan internet.
 
Sampai dengan saat ini Amanah Solution belum mengembangkan bisnis ke provider server (penyedia layanan server) untuk hosting. Karena untuk membangun bisnis dibidang ini dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk satu server yang lumayan setidaknya dibutuhkan modal 50 juta. Kemudian perlu juga di alokasikan untuk modal membangun kamar pendingin dengan AC dan UPS yang tidak boleh mati selama 24 jam. Kemudian juga dibutuhkan sarana jaringan yang memungkinkan akses cepat menuju pangkalan data server yang dibuat dna juga listrik yang besar untuk operasionalnya. Jangan lupa pula teknisi jaringan yang berpengalaman.

Sehingga dengan keterbatasan yang ada maka biasanya kita di Amanah Solution bekerjasama dengan provider yang sudah profesional dibidang itu untuk menaruh software online disana. Tentunya jaminan kecepatan dan security yang bagus yang menjadi pertimbangan utama bagi Amanah Solution untuk bekerja sama.
 

 
Adapun domain adalah maksudnya adalah alamat dimana sebuah website atau software bisa diakses secara online. Keberadaannya sangat penting. Jadi di seluruh dunia tidak ada domain kembar. Semua memiliki nama url domain sendiri-sendiri. Jika sebuah nama domain yang anda inginkan sudah diambil orang, maka anda harus mencari nama domain yang lain.
 
Hosting dan domain ada biayanya. Biasanya biayanya adalah sewa selama per tahun. Paket harganya berbeda-beda sesuai dengan kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang diberikan. Ada yang hanya beberapa ratus ribu, namun ada juga yang sampai dengan puluhan juta.
 
Untuk paket hosting dan domain yang kita berikan untuk klien Amsol Sikos selama ini biasanya paket Rp. 500.000 pertahun sudah cukup. Itu sudah mencakup domain dan hosting dalam satu paket. Paket sebesar itu insyaAllah tidak akan penuh datanya setidaknya sampai dengan 10 tahun kedepan. Karena kebanyakan file di dalam Amsol Sikos hanyalah text sehingga kecil dan ringan besaran file-nya.
 
Namun jika anda belum ada budget insyaAllah anda bisa menitipkan aplikasi anda di hosting yang dimiliki Amanah Solution dulu. Dan nanti jika sudah ada hosting sendiri bisa dipindahkan.
 
Demikian semoga uraian ini bisa sedikit membantu memahami apa yang dimaksud dengan domain dan hosting.