Jenis-jenis Perusahaan IT

Banyak orang menganggap bahwa ilmu komputer Itu sudah merupakan ilmu yang cukup spesifik. Sehingga setiap problem dunia perkomputeran langsung di rekomendasikan ke seorang ahli komputer untuk mengerjakannya.

 

Misalnya seorang programmer pada sebuah perusahaan, ketika ada salah satu pegawai yang mengalami problem pada komputernya maka programer tersebutlah yang dipanggil untuk dimintai memperbaiki komputer yang rusak tersebut.

 

Padahal sebenarnya memperbaiki komputer yang rusak itu bukanlah bidangnya. Tapi di mindset orang kebanyakan bahwa yang namanya komputer itu ya sama semua bisa dikerjakan. Ironisnya bahkan sampai dengan pekerjaan desain atau digital maka yang diserahkan ke programer untuk pengerjaannya. Padahal Tentu saja Ini tidak benar karena bidang UT itu sangat luas.

 

Berikut beberapa bidang pekerjaan IT yang umum di masyarakat saat ini yang telah banyak dijadikan sebagai jasa atau produk perusahaan IT. Jenis-jenis berikut adalah merupakan jasa atau produk ditinjau dari segi sebuah perusahaan dalam kegiatan proses bisnisnya.

 

 

1. Perusahaan IT yang menspesialisasikan diri dalam mengerjakan software

 

Tentu yang dimaksud dengan software di sini adalah ada dua jenis yaitu software online dan software offline atau desktop. Biasanya perusahaan yang spesialis pengerjaan software online tidak mengerjakan pengerjaan software desktop atau offline. Karena kedua pekerjaan ini adalah pekerjaan yang sangat berbeda terutama dari segi bahasanya.

 

Perusahaan yang bergerak di bidang pengerjaan software online biasanya selaras dengan perusahaan yang bergerak di bidang sistem informasi dan ERP. Adapun perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan software offline beda dengan sistem informasi pada perusahaan jenis pertama di atas.

 

Namun okelah kali ini kita masukkan ke jenis perusahaan IT yang pertama.

 

 

2. Perusahaan teknologi informasi yang bidang geraknya adalah khusus develop website

 

Perlu kita ketahui bahwa di zaman yang serba canggih dan digital ini maka sudah pasti setiap usaha atau bisnis membutuhkan website sebagai penunjang kegiatan bisnis mereka.

 

Mulai dari perusahaan skala rumah tangga, UKM, sampai dengan perusahaan kelas atas dan berskala internasional semuanya membutuhkan website untuk penunjang kegiatan perusahaannya. Oleh karena itu jasa di bidang pembuatan dan pengembangan website merupakan usaha yang masih sangat prospek sehingga banyak vendor sistem informasi yang men-spesialisasikan diri di dalam proyek ini.

 

 

3. Developer IT yang khusus menspesialisasikan diri di dalam pengembangan aplikasi smartphone

 

Baik itu untuk pengembang Play Store Android ataupun Apple Store. Sebagian kecilnya juga sebagai pengembang Microsoft Store. Jadi geraknya adalah memberikan jasa pengembangan dan pengembangan aplikasi berbasis smartphone baik itu Apple ataupun Microsoft. Dimana dengan bidang ini banyak cara untuk monetize nya. Ada yang kerja sama dengan iklan seperti AdSense, ada juga yang mandiri dengan cara monetize dari jasa pembuatannya ke pihak ketiga.

 

 

4. Perusahaan teknologi informasi yang geraknya di bidang hardware

 

Mereka melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pembelian maupun penjualan hardware komputer dan segala aksesorisnya. Selain itu juga ada yang spesialisasinya di bidang perbaikan hardware komputer.

 

Jadi jika ada komputer kantor anda ada yang rusak atau tidak berjalan dengan normal maka seharusnya anda menghubungi perusahaan atau orang yang spesialisasinya di dalam kategori ini.

 

Bukan malah menghubungi programer yang spesialisasinya adalah di bidang pengembangan software. Karena tentu saja hal tersebut teramat jauh bedanya.

 

Nah semoga sedikit berbagi pengetahuan ini dapat meningkatkan wawasan kita di dunia teknologi informasi. Dengan demikian kita tidak salah jalan lagi dalam mencari orang untuk mengerjakan problem kita yang berhubungan dengan teknologi informasi.

 

Jangan sampai ketika yang rusak adalah hardware kemudian kita malah menghubungi programer software. Tentu ini merupakan kekeliruan yang sangat mendasar.

 

Demikian semoga membantu.