Sistem Biaya Murah

Mengembangkan sebuah software sistem informasi identik dengan budget yang cukup tinggi. Betapa tidak, karena dengan melakukan kegiatan development sebuah software sistem informasi diperlukan banyak hal untuk disiapkan dan juga harus menunjuk vendor yang ahli yang mampu menterjemahkan kebutuhan proses bisnis menjadi sebuah sistem software.

 

Dan sistem ini tidak main-main tentunya harus sesuai dengan yang dikehendaki. Belum termasuk jasa maintenance dan implementasi software tersebut. Oleh karena itu biasanya perlu biaya yang cukup signifikan dalam menyedot anggaran perusahaan.

 

Bagi perusahaan yang masih kecil atau yang masih banyak tanggungan yang harus diselesaikan, biasanya pengembangan software sistem informasi untuk proses kegiatan bisnisnya masih akan di pending untuk lebih mendahulukan program kegiatan lain yang lebih prioritas. Karena pengembangan software masih dianggap bukanlah sesuatu yang urgen.

 

Dan biasanya ada juga perusahaan yang berusaha untuk mendapatkan software yang murah yang sudah jadi. Padahal kenyataannya software yang murah biasaya malah gagal dalam pengembangannya. Pertanyaannya adalah : apa mungkin mendapatkan software sistem informasi yang murah tapi cukup stabil untuk digunakan?

 

Jawabannya  adalah : Insya Allah tetap bisa. Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan. Diantara tips-tips adalah sebagai berikut :

 

 

Cara pertama : Mencari software yang sudah jadi

 

Cara Ini adalah cara yang paling relevan untuk anda gunakan. Karena memang ada perusahaan-perusahaan layanan teknologi informasi yang men-spesialis-kan diri di bidang pengembangan software jadi yang memang sengaja untuk dijadikan produk untuk dijual. Contoh perusahaan semacam ini adalah seperti di bidang akuntansi adalah Zahir dan Acosyst. Atau Amanah Solution untuk software yang lebih general.

 

Dimana Amanah Solution ini memiliki berbagai macam software yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan perusahaan/ lembaga yang berbeda pula. Tentunya jangan membayangkan anda akan mendapatkan software yang berkonsep ERP yang terintegrasi satu sama lain yang mampu menyajikan berbagai data yang dibutuhkan oleh manajemen untuk kegiatan perencanaan, controlling, dan juga evaluasi.

 

Karena biasanya software yang dikembangkan oleh perusahaan layanan ini adalah software berkonsep Island. Yakni software yang berdiri sendiri tidak terintegrasi antara 1 divisi kerja dengan divisi kerja lainnya.

 

Contoh lain Island System adalah software yang dikembangkan oleh Zahir. Dia ini memiliki varian software yang beragam dari perusahaan Hilir sampai Hulu. Namun dia hanya menspesialisasikan diri untuk software bidang keuangan atau akuntansi.

 

Jadi jika Anda memilih cara tips pertama ini anda tidak akan mendapatkan software yang mampu melakukan data processing yang bagus yang sesuai dengan kebutuhan manajemen untuk kegiatan manajerial nya.

 

 Lets Talk ! 

WA : 0895-3536-988-66
Feel free to ask anything with Ngobiss !

 

Akan tetapi hanya mendapatkan software yang mengubah transaksi manual di perusahaan anda menjadi transaksi otomatis. Tapi tidak masalah selama itu memberikan anda peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja yang signifikan, why not ? Dan pada saatnya nanti bisa beralih ke software yang integrated.

 

 

Cara kedua : Dengan menunjuk vendor yang pernah mengerjakan projek sejenis

 

Barangkali perusahaan anda adalah perusahaan yang memiliki proses bisnis yang umum yang ada atau banyak perusahaan lain yang mirip proses bisnisnya, maka anda bisa menggunakan cara yang kedua ini. Anda tinggal mencari perusahaan yang sejenis proses bisnisnya dengan perusahaan anda dan mencari informasi ke dalam perusahaan tersebut apakah mereka sudah menggunakan sistem software yang sesuai atau belum.

 

Apakah software mereka cukup memuaskan atau tidak. Kalau ternyata mereka sudah menggunakan maka anda bisa menggali informasi siapa vendornya dan bagaimana proses pengerjaannya.

 

Kalau perlu Anda bisa menggali informasi berapa biayanya juga. Kemudian anda menawarkan kepada vendor tersebut untuk dibeli sistemnya oleh anda. Jadi membeli software yang sudah jadi. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya pengembangan. Anda cukup mengeluarkan biaya untuk software yang sudah jadi yang sudah BEP.

 

Namun cara ini bisa dianggap mencari informasi rahasia perusahaan lain. Jadi saran saya, anda harus berhati-hati.

 

 

Cara ketiga : Coba manfaatkan tenaga mahasiswa atau magang

 

Cara ini merupakan cara yang tidak paling saya rekomendasikan. Mengapa? Karena untuk mendapatkan mahasiswa atau magang yang memiliki kemampuan dasar yang mampu menjawab tantangan anda dalam mengcover sebuah software sistem informasi yang sesuai proses bisnis di perusahaan anda bukanlah pekerjaan yang mudah.

 

Karena rata-rata mahasiswa di zaman sekarang ini masih sangat rendah kemampuan system analisisnya. Seakan-akan mereka memiliki kemampuan pemrograman yang baik yang tinggi namun kenyataannya ketika dihadapkan pada logika-logika sederhana yang merupakan basis awal dari teori sebuah pemrograman, mereka tidak siap.

 

Jadi jika anda memutuskan menggunakan tips ini, anda harus benar-benar memiliki kemampuan untuk menilai mahasiswa yang memiliki kemampuan sistem analis yang baik dan mana mahasiswa yang kurang memiliki kemampuan tersebut.

 

Anda jangan terjebak cara bicaranya yang seakan-akan begitu menguasai teknologi. Anda cukup memberikan tes-tes logika sederhana untuk dapat mengetahui kemampuan mahasiswa tersebut.

 

Nah dengan cara ini Insya Allah anda akan bisa menekan biaya pengembangan cukup signifikan karena mahasiswa tidak mengejar materi untuk di awal-awal karirnya. Tetapi yang dia kejar adalah pengalaman.

 

Masuk di dalam cara ketiga ini adalah dengan anda menghubungi institusi pemrograman atau pendidikan programer. Biasanya mereka memiliki koleksi data karya-karya mahasiswa. Nah disini Anda bisa melihat dan mencoba karya-karya tersebut dan menentukan mana yang paling sesuai dengan proses bisnis di perusahaan anda. Untuk kemudian ada bisa membelinya.

 

Untuk menghindari Anda dianggap melakukan kegiatan pencurian karya orang, maka anda membelinya jangan ke institusi itu saja. Tapi Anda juga harus menghubungi mahasiswa yang mengembangkannya.

 

Demikian 3 tips sederhana yang bisa anda gunakan salah satunya atau mengkombinasikan kan dari ketiga tips tersebut untuk mendapatkan software sistem informasi yang murah yang bisa anda gunakan untuk mengcover proses bisnis di perusahaan anda terutama di awal-awal perusahaan anda berdiri di mana budget masih menjadi momok untuk usaha anda.

 

Semoga membantu.