pentingnya karya

Ada banyak cara untuk memiliki banyak uang. Cara yang paling umum adalah dengan menjadi seorang pengusaha. Namun tahukah anda, ternyata menjadi pengusaha bukanlah satu-satunya cara untuk bisa kaya raya.


Kalau anda berpikir hanya menjadi pengusahalah anda bisa kaya, maka anda keliru. Mengapa bisa ? ya karena banyak cara lainnya.
Ada sekian banyak cara mendapatkan uang. Dan taukah anda, bahwa hampir semua cara dalam mendapatkan uang banyak (selain dari berbisnis) adalah dengan membuat sebuah karya. Ya sebuah karya besar yang bisa dinikmati semua orang akan bisa menghasilkan banyak kekayaan bagi anda. Disitulah pentingnya karya. Anda harus memiliki karya.

Namun perlu digarisbawahi disini bahwa untuk menjadi kaya dengan membuat sebuah karya, kuncinya adalah jangan jadikan uang sebagai tujuan. Kok bisa ? iya bisa.

Karena ketika tujuan anda adalah uang, maka anda akan labil dan mudah bergeser tujuan. Kok bisa ? Iya, karena dengan berkarya apapun anda bisa mendapatkan uang banyak jika sudah sukses. Dan karena tujuan anda adalah uang, ketika anda mengalami sedikit rintangan pada bidang karya yang anda ambil, sementara anda melihat karya lain sepertinya lebih mudah menghasilkan uang, otomatis anda akan tertarik dengan karya sebelah.

Akhirnya anda berhenti di pentingnya karya anda, dan tidak menyelesaikannya untuk kemudian beralih mengerjakan karya sebelah tersebut. Demikian juga nanti pas mengerjakan karya sebelah, anda bisa saja tertarik kembali dengan karya sebelahnya lagi karena sepertinya lebih menarik bagi anda. Dan naifnya bisa saja anda setelah berkeliling rilhlah karya, akhirnya malah kembali ke karya pertama anda. Bukankah hal ini benar-benar membuang-buang waktu anda ?

Oleh karena itu sekali lagi, jangan jadikan uang sebagai tujuan anda kalau anda ingin mendapatkan uang dari berkarya. Tetapi jadikan kesuksesan karya anda adalah sebagai tujuan. Jadikan sebuah karya yang sangat spesial sebagai tujuan anda. Benar-benar korbankan hidup anda untuk karya tersebut. Jadikan karya anda sebagai masterpiece yang bisa dinikmati semua orang dengan nyaman. Bahkan tak perlu semua orang, cukup komunitas orang tertentupun bisa. Dan andapun suatu ketika insyaAllah bisa kaya dengan cara itu. Benar-benar tancapkan di mindset anda akan pentingnya karya.

Kalau anda sudah tergila-gila untuk menciptakan sebuah karya, niscaya anda akan bisa membuat sebuah karya andalan yang menjadi masterpiece. Yaitu sebuah karya yang paling unggul di bidang anda. Dan ini akan menarik orang untuk mengeluarkan uangnya. Entah bagaimana itu caranya. Itu gampang. Itu urusan nanti.

Apa saja karya yang bisa kukerjakan ? Banyak,.. bahkan sangat banyak. Dunia ini adalah sawah ladangnya orang untuk berkarya. Bahkan Allah menciptakan manusia di bumi ini adalah sebagai pemimpin di bumi. Tugas pemimpin (selain beribadah kepada Allah pastinya) salah satunya adalah untuk mengelola bumi. Dengan mengelola bumi, sudah pasti merupakan ladang untuk berkarya. Menciptakan segala sesuatu untuk memudahkan pekerjaan orang lain ataupun sesuatu yang bisa dinikmati. Dan pada saatnya dengan karya, kita bisa mendapatkan pahala insyaAllah. Itulah pentingnya karya.

Tau Mark Zuckerberg kan ? Ya sapa yang tidak tau. Apa karyanya coba ? Ya benar. Facebook. Si Mark ini berambisi untuk menghubungkan sebanyak mungkin manusia di bumi ini dengan cara yang lebih dekat. Maka terciptalah Facebook. Sebuah mahakarya yang luar biasa yang dia tekuni dalam waktu yang cukup panjang. Mungkin sepanjang hidupnya bisa jadi. Bahkan di awal-awal pendirian dia rela ngoding sendirian selama 6 tahun. Bayangkan betapa telatennya. Dan akhirnya karya besar ini bisa kita nikmati sekarang. Mark berhasil mengumpulkan 2 milyar orang lebih sebagai pengguna karya besarnya tersebut.

Tau google ? ya semua orang juga pernah menggunakan google. Bukankah itu sebuah karya ? ya karya. Sebuah karya yang memudahkan orang untuk mencari solusi. Dengan mengetikkan keyword tertentu, orang akan mendapatkan solusi dari permasalahannya. Ini adalah mahakarya yang luar biasa. Lebih baik dari mesin pencari lain. Dan lihatlah betapa kaya sekarang Sergei Brin dan Larry Page, dua orang pendirinya dari karya google-nya ini.

Tapi itu kan di dunia IT. Kalo dunia selain IT ?
Banyak insyaAllah. Bahkan sangat banyak. Jauh lebih banyak.

Di bidang penerbangan tau pak Habibi ? Berapa karyanya ? Tidak kurang dari 35 hak paten di bidang penerbangan. Dan itu sudah cukup untuk membuat beliau hidup sangat berkecukupan. Tak kurang dari setengah trilyun kekayaan beliau dari royalti karya-karyanya. Asik kan ? Setiap perusahaan yang mengimplementasikan teknologi yang ditemukan pak Habibi, mereka membayar untuk beliau. 

Di bidang seni ? Ada contohnya. Misalnya pelukis Leonardo Da Vinci atau Picasso. Betapa dari sebuah karya saja beliau mendapatkan uang ? Banyak. Sebuah lukisan Monalisa saja berapa itu nilainya ? Puluhan juta dolar. Belum puluhan karya beliau yang lain. Cukup untuk beliau nikmati dalam hidup berkecukupan.

Contoh sederhana di bidang permasakan. Ya masak memasak. Sepertinya sangat remeh. Beliau adalah Sersan Sounders yang berhasil membuat resep masakan ayam kentucky fried chicken di usia 65 tahun, memiliki kekayaan tak kurang dari 15 milyar dolar. Sekali lagi dolar man. Ini hanya dari satu resep masakan yang luar biasa digemari di seluruh dunia.


Betapa membuat sebuah karya akan membuat anda sangat kaya raya.
Tapi karya yang luar biasa. Karya yang bisa dinikmati semua orang. Jadi tidak hanya sebuah karya biasa, tapi harus karya besar. Sebuah masterpiece. Dan untuk menciptakan karya besar, anda harus mendedikasikan diri anda disana. Tidak bisa setengah-setengah. Dan untuk bisa berdedikasi pada sesuatu, anda harus memiliki gairah disana. Gairah yang sangat besar pastinya. Itulah passion

Contoh lain ? Banyak. Anda bisa membaca kisah para penemu dari zaman ke zaman. DI sana banyak sekali para pembuat karya besar. Coba anda misalkan menemukan listrik tanpa kabel. Atau jika anda suka dunia terbang, coba temukan cara terbang single yang efektif. Atau jika anda suka masak, coba aja bikin makanan yang lebih sip dari indomie goreng. Dan banyak sekali contoh yang lain. Pentingya sebuah karya.

Anda suka menulis ? Bikinlah karya besar sebuah buku. Contoh penulis hebat seperti JK. Rowling, Agatha Christie, dan banyak lagi. Untuk penulis non fiksi ? Banyak. Misalnya Seth Godin (marketing), Neil Patel (SEO), dll. Nama-nama tokoh kenamaan karena karya lain : Albert Einstein, Alfa Edison, dan banyak lagi.

Anda siap berkarya ? Ya segera temukan passion anda. Dan berkaryalah di bidang yang anda gemari tersebut. Cari benar-benar apa bidang yang membuat anda begitu bergairah. Lalu bikinlah sebuah karya di sana.
Selamat mencoba. Pentingnya karya.