Keuntungan Invenstasi Sistem Informasi

Bahkan penggunaan teknologi yang paling sederhana pun dapat secara dramatis meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis Anda. Banyak orang yangmengatakan bahwa manfaat terbesar dari sistem informasi adalah kemampuannya untuk memberi pengguna informasi yang mereka butuhkan untuk melaksanakan tugas secara efisien.

 

Walaupun kebenaran akan hal ini masih diperdebatkan, namun tak syak lagi bahwa semua sepakat bahwa Sistem Informasi sangat memberi manfaat kepada pelaku bisnis sehingga sangat pantas untuk diupayakan keberadaanya. Yang tentu saja salah satunya adalah dengan memberikan ruang lebih besar dalam pengembanganya dengan investasi secara serius sebagaimana investasi yang lain seperti gedung dan pabrik.

  

Berikut beberapa keuntungan menggunakan sistem informasi sehingga sangat patut berinvestasi didalamnya :

 

 

1. Sistem Informasi mencegah kecurangan karyawan

 

Jika selama ini untuk kontrol terhadap karyawan mengandalkan supervisor, maka dengan adanya Sistem Informasi, maka sistem dapat pula difungsikan sebagai kontrol. Dengan demikian kecurangan dapat dicegah.

 

Sebagai contoh misalnya sistem dapat mengatur agar customer cukup menyetorkan bukti transfer pembayaran, sehingga kasir tidak perlu menerima uang cash. Adapun pengecekan pembayaran cukup dengan mencocokkan antara bukti transfer dengan dana yang masuk ke rekening.

 

Disini kasir tidak pegang uang secara cash sehingga resiko penggelapan dapat dicegah dengan adanya sistem.

 

Pada level yang lebih tinggi, sistem mampu membaca setiap tranfer yang masuk ke internet banking rekening perusahaan. Sehingga fungsi pencatatan dapat langsung dihandle oleh sistem. Data pembayaran langsung masuk ke database dan langsung diolah tanpa perlu melibatkan tenaga manusia. Jauh lebih efisien.

 

Sebagai catatan, sebelum berinvestasi di proyek Sistem, harus ada SOP yang mapan dulu. Di antara SOP yang perlu ada semisal dalam SOP tersebut memisahkan antara pegawai bidang purchasing dengan pegawai bidang gudang. Ketika belum ada SOP yang detil, artinya pekerjaan Sistem Informasi harus dimulai lebih mundur, yakni menyelesaikan SOP dulu.

 

 

2. Sistem Informasi menjadikan proses bisnis jadi jauh lebih efisien

 

Manfaat ini merupakan salah satu tujuan besar investasi Sistem Informasi. Proyek Sistem Informasi dianggap tidak berhasil jika tidak menjadikan pekerjaan jadi jauh lebih efisien. Dan kemampuan Sistem dalam mengefisiensi pekerjaan ini, bisa dihitung.

 

Caranya adalah menentukan nilai pengurangan tenaga dan daya yang digunakan saat sebelum ada sistem untuk kemudian dibandingkan dengan sesudah ada sistem. Selisihnya ini bisa dijadikan acuan penentuan nilai efisiensi. Lebih baik lagi kalau dikonversi ke dalam nilai mata uang.

 

 

3. Sistem informasi menjadikan jangkauan pemasaran jauh lebih luas

 

Kita bisa melihat saat ini sosial media telah menjangkau ke seluruh sendi kehidupan. Facebook mampu mengkategorisasikan pelanggan ke dalam berbagai segmen. Pun dengan sosial media yang lain seperti Youtube, Linkedin, Twitter, dan Instagram.

 

Dengan memanfaatkan sosial media, perusahaan akan mendapatkan jangkauan pemasaran yang jauh lebih luas.

 

Namun yang menjadi permasalahan adalah, sosial media ini sangat banyak. Perusahaa butuh menjangkau kesemuanya untuk menemukan ceruk pasar yang sesuai dengan spesifikasi audiens-nya. Oleh karena itu perlu dibuat sistem khusus untuk mengakomodirnya.

 

Sudah ada berbagai media yang bisa digunakan untuk manajemen periklanan sosial media ini. Namun untuk perusahaan besar dan investasi secara jangka panjang, tampaknya perlu sebuah perusahaan untuk investasi mengembangkan sistemnya sendiri. Mengingat dalam dunia yang serba data ini, kegiatan mata-mata tidak bisa disepelekan.

 

 

4. Sistem Informasi bermakna integrated, memangkas jalur transportasi dan komunikasi menjadi lebih dekat

 

Tentunya hal ini ikut andil dalam pemangkasan biaya. Komunikasi dan transportasi dokumen yang dulunya memerlukan waktu berhari-hari karena terpisahkan oleh jarak dan juga memerlukan biaya tambahan karena harus dikirimkan oleh manusia, sekarang hanya dalam hitungan sepersekian detik sudah tersedia. Semuanya adalah merupakan bagian dari manfaat Sistem Informasi.

 

Bayangkan jika perusahaan anda terpisah-pisahkan oleh jarak di antara cabang-cabangnya. Tentu pemanfaatan sistem yang terpusat di satu server akan sangat memudahkan integrasi data dan controllingnya. 

 

 

5. Sistem Informasi menawarkan prediksi masa depan

 

Data yang dikumpulkan dari proses bisnis tentu sangat berharga. Tapi itu masih data mentah. Belum bisa digunakan apa-apa. Namun dengan kemampuan analisanya, Sistem Informasi bisa merubah data mentah tersebut menjadi data jadi yang sangat berguna untuk pengambilan keputusan decision maker.

 

Data jadi tersebut disajikan dalam bentuk dashboard berupa grafik perkembangan yang bisa di setting per periode waktu. Hal ini tentu saja memudahkan para decision maker untuk memprediksi perkembangan perusahaan ke depannya.

 

Jadi, kalau di bidang lain berani investasi besar, mengapa tidak berani berinvestasi besar pula di Sistem Informasi ?

------------------------------

Penulis adalah seorang Software Advisor - memberikan rekomendasi secara gratis tentang segala jenis permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan Software dan Sistem Informasi. Berpengalaman lebih dari 10 tahun di dalam membantu berbagai Perusahaan dan Lembaga untuk mewujudkan sistem sesuai dengan kebutuhan. 

------------------------------

Feel free to discuss anything with me !

 KLIK DISINI 
WA : 0895-3536-988-66