Konsultan Teknologi Informasi

Dikutip dari Wikipedia, didapati bahwa dalam manajemen, Konsultan teknologi Informasi adalah merupakan bidang kegiatan yang berfokus pada pemberian saran kepada organisasi (perusahaan/. Lembaga) tentang cara terbaik menggunakan teknologi informasi (TI) dalam mencapai tujuan bisnis mereka. 

 

 

A. Pengertian Konsultan IT

 

Sementara itu untuk wikipedia Indonesia, dijelaskan bahwa Dalam teknologi informasi, Konsultan Teknologi Informasi adalah bidang yang bertujuan membantu klien (misal perusahaan. Lembaga nirlaba, dan pemerintah) untuk mencapai tujuan bisnis mereka dengan menggunakan teknologi informasi.

 

Pelaku profesi ini disebut konsultan. Konsultan membantu kliennya dengan memberikan anjuran dan konsultasi, dan terkadang juga memperkirakan biaya atau usaha suatu proyek teknologi informasi dalam hal : manajemen proyek, implementasi perangkat lunak, deployment perangkat lunak, dan menjadi administrator sistem teknologi informasi.

 

Accenture dan IBM adalah contoh perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi teknologi informasi.

 

Konsultan Teknologi Informasi bisa bermakna perorangan, bisa pula bermakna Organisasi/ Perusahaan penyedia jasa tersebut.

 

Jadi dari sini dapat dipahami bahwa Konsultan IT pengertiannya lebih luas dan lebih ke manajerial. Seringkali terjadi salah kaprah di masyarakat dimana konsultan IT dimaknai sebagai penggarap pekerjaan proyek IT. Padahal tidak demikian.

 

Adapun penggarap di bidang IT itu namanya adalah vendor. Adapun untuk konsultan maka pengertiannya adalah sebagaimana di atas penjelasannya.

 

 

B. Istilah lain dari Konsultan IT

 

Berikut beberapa istilah lain yang menggambarkan pengertian Konsultan Teknologi Informasi (TI) yang digunakan dengan tujuan agar dimaknai secara lebih mengena dan tepat sasaran.

 

1. IT Consultant itu sendiri

Pengertiannya adalah sebagaimana di atas yakni secara singkat adalah : orang/ lembaga yang memberikan jasa konsultasi apa saja dan bagaimana penyelenggaraan pengembangan software/ sistem pada suatu organisasi (perusahaan/ lembaga) 

 

2. IT Advisor

Pengertiannya adalah orang/ lembaga yang memberikan adivice (saran) apa saja dan bagaimana penyelenggaraan pengembangan software/ sistem pada suatu organisasi (perusahaan/ lembaga)

 

3. IT Recomendator

Pengertiannya adalah orang/ lembaga yang memberikan rekomendasi apa saja dan bagaimana penyelenggaraan pengembangan software/ sistem pada suatu organisasi (perusahaan/ lembaga)

 

4. IT Konselor

Pengertiannya adalah orang/ lembaga yang memberikan jasa konsultasi apa saja dan bagaimana penyelenggaraan pengembangan software/ sistem pada suatu organisasi (perusahaan/ lembaga)

 

5. IT Agent

Pengertiannya adalah orang/ lembaga yang memberikan jasa agency/ pendampingan dalam suatu organisasi (perusahaan/ lembaga) melaksanakan proyek sistem informasi.

 

 

C. Tugas Konsultan Sistem Informasi

 

Berdasarkan pengalaman saya di lapangan, konsultan IT biasanya mengerjakan pekerjaan sebagaimana berikut :

 

1. Problem Solver

Konsultan IT mengidentifikasi permasalahan yang ada di sebuah organisasi (perusahaan/ lembaga) untuk kemudian dicarikan solusinya. Solusi-solusi ini biasanya kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk SOP (Standar Operational Prosedure), yang dimana pada akhirnya SOP ini dikembangkan menjadi DAK (Dokument Analisa Kebutuhan) yang menjadi basis pondasi pengembangan Sistem Informasi.

 

 

2. Jasa Audit Sistem

 

Konsultan IT bertugas membantu perusahaan/ lembaga untuk kegiatan audit sistem yang sudah berjalan saat ini. Setelah audit selesai tentu akan diketahui sistem dan permasalahan apa saja yang dihadapi selama ini. Termasuk di dalamnya bisa apa tidak diefisiensi proses kegiatannya.

 

Setelah itu dirancanglah SOP baru sebagai penyempurnaan SOP saat ini. SOP baru ini sebagai landasan pengembangan IT System terkemudian.

 

 

3. Membantu merancang SOP

 

Konsultan IT membantu merancang SOP. SOP tentunya terbentuk setelah mendapatkan inputan dari audit sistem dan solusi terhadap permasalahan yang ada.

 

Amanah Solution sedang membantu audit sistem untuk merancang SOP di Wadimor PekalonganAmanah Solution sedang membantu audit sistem untuk merancang SOP di Wadimor Pekalongan

 

Feel free to discuss anything with me !

 KLIK DISINI 
WA : 0895-3536-988-66

 

 

4. Jasa System Finder

 

Terkadang solusi itu tidak mesti dalam bentuk pengembangan sistem dari awal. Bisa jadi sistem sudah tersedia di pasaran. Oleh karena itu Konsultan IT juga memiliki peran dalam mencarikan sistem yang cocok dengan perusahaan/ lembaga yang didampinginya untuk tujuan efisiensi proses bisnis di perusahaan/ lembaga klien nya tersebut.

 

 

5. Membantu Pengembangan Software dan Sistem

 

Konsultan IT tidak mesti menjalankan kegiatan pengembangan software/ sistem untuk kliennya. Meskipun banyak konsultan IT yang merangkap sebagai vendor pengembang juga tapi idealnya konsultan IT tidak terjun langsung ke penggarapan. Namun yang terbaik adalah bahwa konsultan IT membantu vendor pengembang untuk pelaksanaan kegiatan proyek pengembangan sistem dan implementasi nya.

 

 

6. Membantu Support System

 

Jika ada error atau kesalahan saat implementasi dan pasca implementasi sistem, konsultan IT juga berperan dalam membantu klien (perusahaan/ lembaga) untuk penanganannya. Meskipun tidak dikerjakan sendiri setidaknya dia mengupayakan bantuan penunjukan dan pengawasan vendor untuk pelaksanaannya. Kegiatan ini di bawah tanggungjawabnya.

 

 

7. Pelatihan dan Seminar IT-System 

 

Konsultan IT bisa menyelenggarakan pelatihan dan seminar pembahasan IT-System pada bab-bab / bagian tertentu yang belum dikuasai oleh para pegawai di sebuah Perusahaan/ lembaga yang sedang akan menerapkan Sistem Informasi. Pelatihan ini dipandang perlu demi penyesuaian SDM (pegawai) pada penggunaan sistem baru.

 

 

8. Membantu merumuskan Kebutuhan untuk pengembangan web 

 

Konsultan IT juga diperlukan untuk merumuskan kebutuhan dalam pengembangan website untuk perusahaan/ lembaga yang ingin lebih cepat dalam akselerasi go public.

 

Tidak mesti website hanya berisi Company Profile saja. Bahkan berbagai fungsi-fungsi interaktif dengan pengunjung web harus ada pada website sebuah perusahaan/ lembaga agar semakin bagus penerimaan masyarakat. Disinilah peran Konsultan IT dalam membantu merumuskan.

 

 

9. Membantu merumuskan Kebutuhan toko online dan sistem pemasaran online

 

Tidak hanya website, terkadang sebuah perusahaan perlu toko online. Maka konsultan IT bisa memberikan masukan maupun rumusan bagaimana toko online yang cocok dengan karakteristik perusahaan dan merancang bagaimana sistem pemasarannya.

 

 

10. Membantu Kebutuhan pengembangan tools broadcast komunikasi bisnis

 

Komunikasi bisnis dengan audiens adalah salah satu pilar terpenting pada industri marketing modern saat ini. Konsultan IT sangat perlu untuk bisa membantu klien-kliennya dalam merumuskan dan merancang sistem paling efektif, efisien, dan cocok untuk digunakan klien-kliennya.

 

 

11. One Stop Company Profile Solution 

 

Pilar lain industri marketing modern adalah pembuatan Company Profile yang mana implementasinya memiliki skub yang cukup luas. Misalnya saja implementasi Company Profile pada website, bentuk buku, bentuk aplikasi, dan lain sebagainya. Konsultan IT memiliki peran dalam membantu klien-kliennya dalam hal ini.

 

 

12. Feasibility Study Bisnis dan Pengembangan Bisnis 

 

Dalam mendirikan lini bisnis baru atau cabang, sebuah perusahaan/ lembaga perlu mendengarkan saran dan rekomendasi dari sudut pandang netral. Hal ini agar tidak terjebak pada asumsi ambisi sesaat yang dapat membuat perusahaan tergelincir karena salah perhitungan dalam investasi.

 

Sudut pandang profesional yang netral dan berpikir by data bisa sebagai solusi mengurangi potensi kesalahan dalam investasi.

 

Termasuk di dalam servis ini adalah konsultan IT membantu dalam Penulisan Proposal dan dokumen Bisnis.

 

Demikian, semoga bisa memberikan sedikit pencerahan.

 

------------------------------

Penulis adalah seorang Software Advisor - memberikan rekomendasi secara gratis tentang segala jenis permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan Software dan Sistem Informasi. Berpengalaman lebih dari 10 tahun di dalam membantu berbagai Perusahaan dan Lembaga untuk mewujudkan sistem sesuai dengan kebutuhan. 

------------------------------

Feel free to discuss anything with me !

 KLIK DISINI 
WA : 0895-3536-988-66