Mengapa Website

Memiliki situs web sangat memudahkan orang untuk menemukan bisnis Anda, membaca tentang perusahaan Anda, menemukan apa yang Anda lakukan, dan menjawab banyak pertanyaan yang mereka miliki di benak pikiran mereka seputar bisnis anda. 

 

Ketika berselancar di internet, kemudian menemukan salah satu situs berbahasa Inggris yang mengulas tentang data bisnis berapa jumlah perusahaan yang memiliki web, rasanya saya cukup terkejut ketika mendapati bahwa di Amerika terdapat 49-51 % bisnis kecil tidak memiliki website. Apalagi di Indonesia.
Jelas ini adalah angka yang besar melihat potensi besar sebuah website.

 

Untuk memahaminya, saya coba memperhatikan trend bisnis di Google My Business, akhirnya saya mengerti bahwa data statistik tersebut kemungkinan besar adalah benar. Betapa tidak di Google My Business masih banyak bisnis yang tidak memiliki website. Atau kalaupun ada masih ala kadarnya dan tidak dioptimasi dengan baik.

 

Dan itulah salah satu motivasi saya mengapa akhirnya saya berpikir untuk menulis artikel tentang pentingnya memiliki situs web penting untuk bisnis Anda jika Anda ingin mendapatkan pelanggan baru, atau bahkan hanya mempertahankan yang sudah ada.

 

Artikel ini merangkum semua alasan yang datang yang saya catut dari situs profitwork.ca. Saya sendiri percaya ada lebih banyak alasan mengapa memiliki situs web diperlukan untuk bisnis, tetapi yang saya tulis ini adalah alasan utama yang dituliskan oleh profitwork.ca di link ini.

 

Menurut profitwork.ca (dan tentu saja saya amini disini), bahwa setiap orang harus memiliki situs web karena meskipun sebagian orang masih menganggap terlalu mahal, kalau dibandingkan dengan manfaatnya yang luar biasa jelas bahwa membangun website adalah sangat murah namun sangat efektif.

 

Selain itu salah satu alasan paling kuat mengapa setiap orang perlu memiliki website adalah bahwa website merepresentasikan pekerjaan/ keahlian seseorang sehingga dari sana dimungkinkan aliran order kepadanya.

 

Semoga artikel yang saya tulis ini dapat membantu Anda melihat pentingnya sebuah website untuk bisnis Anda. Ngobiss Network menyediakan jasa membuatkan dan membangun website untuk bisnis anda disertai dengan petunjuk bagaimana mengelolanya agar berhasil meningkatkan penjualan anda.

 

Miliki situs web yang akan dioptimalkan mesin pencari dan dirancang untuk mendorong penjualan. Kontak saya di icon whatsapp warna hijau di pojok kanan bawah situs ini.

 

 

1. Mengapa Website Penting? 93 % Keputusan Pembelian oleh Calon Customer biasanya dimulai dengan Pencarian di Mesin Pencari Google.

Untuk mendapatkan pelanggan baru, Anda perlu memahami ke mana prospek Anda pergi ketika mereka mencari pemasok, meneliti pemasok, dan melakukan pembelian. Di dunia zaman sekarang ini, tempat kebanyakan orang di sebagian besar pasar biasanya perginya adalah ya ke internet, khususnya mesin pencari seperti Google, dan sedikit sebagian dari mereka melakukan pencarian di Bing dan Yahoo.

 

Mesin pencari google menyumbang lebih dari 90 % dari semua pencarian di Indonesia.

 

Pentingnya situs web dalam hal ini adalah, dengan 93 % keputusan bisnis yang dimulai dengan pencarian mesin pencari, artinya jika Anda tidak memiliki situs web, Anda hanya menjual 7 % dari pasar Anda. Itu benar, Anda mengurangi potensi ukuran bisnis Anda sebesar 93 %. Ini tentu saja angka yang sangat tinggi.

 

Melalui data ini, juga diketahui bahwa statistik yang sama untuk pembelian konsumen lebih rendah secara konversi tetapi masih sangat tinggi, terutama untuk item jenis produk yang lebih besar (yang lebih sedikit persaingannya). Semakin besar (persaingan kompetisi) per itemnya, semakin banyak riset dan belanja yang akan dilakukan orang.

 

Dugaan saya mungkin 40-50 % pembelian konsumen dimulai dengan pencarian online. Untuk itu mau tidak mau anda harus memiliki situs web yang akan dioptimalkan mesin pencari dan memang dirancang untuk mendorong penjualan. Di antaranya adalah situs web dengan copywriting yang baik.

 

Dan untuk mendapatkannya anda harus menyerahkan website anda kepada ahlinya yang telah berkecimpung lama di dunia copywriting ini.

 

 

2. Mengapa Website Penting untuk Bisnis Anda? Ini Memberi Anda Kemudahan Akses

Memiliki situs web sangat memudahkan orang untuk menemukan Anda, membaca tentang perusahaan Anda, menemukan apa yang Anda lakukan, dan menjawab banyak pertanyaan yang ada di benak mereka tentang bisnis Anda. Dengan memiliki situs web, orang akan dapat menemukan perusahaan Anda ketika mereka mencari perusahaan Anda di mesin pencari seperti Google dan beberapa mesin pencari lain seperti Yahoo atau Bing. 

 

Memang benar bahwa jika Anda tidak memiliki situs web untuk bisnis Anda, Anda dapat ditemukan di mesin pencari jika Anda memiliki daftar di direktori, Yellow Pages, atau bisnis Anda dapat muncul secara otomatis di hasil pencarian Google karena telah tercantum di Google My Business.

 

Apakah Anda benar-benar ingin membiarkan ini terjadi terus tanpa kontrol dari anda ? Coba pikirkan, mengapa tidak mencoba memiliki situs web sendiri sehingga Anda dapat mempengaruhi apa yang ditampilkan tentang perusahaan Anda dan mengetahui bahwa situs web Anda akan terdaftar, dan tentu saja alasan lain selain memiliki semua hasil pencarian lainnya.

 

Manakah dari hasil di bawah ini yang lebih Anda sukai untuk perusahaan Anda. Hasil seperti gambar pertama atau gambar terakhir?

 

Saya pribadi lebih suka hasil yang ditunjukkan pada gambar pertama karena hasil untuk Amanah Solution. Bukan semata-mata bahwa Amanah Solution adalah bisnis saya, tapi di gambar pertama jika saya bertindak sebagai calon customer, gambar ini memberi saya informasi yang jelas untuk menghubungi Amanah Solution, tidak ada informasi yang di-keep informasi tentang apa yang mereka lakukan, ada informasi tentang nilai apa yang mereka berikan, dan juga informasi apa yang membuat mereka berbeda. Bahkan langsung muncul juga Google My Business-nya.

 

Hasil pencarian untuk Amanah Solution memang tidak sempurna, tetapi website ini menggambarkan apa yang dilakukan Amanahsolution.com tepat di bawah tautan pertama. Tautan tersebut juga menyediakan tombol ke link-link lainnya, menarik orang untuk menge-klik link tersebut sehingga dapat mempelajari lebih lanjut tentang Amanah Solution. Saya tidak menggunakan contoh ini untuk mengkritik.

 

Saya hanya mencoba membandingkan dengan perusahaan Abifood yang saya tahu belum memiliki situs web. Saya tahu mereka tidak memiliki situs web karena saya telah berhubungan dengan mereka dan juga mencoba menemukan situs web mereka tempo hari tapi tidak ada.

 

Secara pribadi saya akan ragu-ragu bahkan untuk menghabiskan waktu memanggil hasil dari Abifood. Karena hasil yang muncul membuat saya berpikir mereka mungkin tidak fokus di website perusahaan, tapi lebih ke optimasi produknya di marketplace dan Google My Business.

 

Untuk mereka yang berpikir bahwa website adalah sesuatu yang penting untuk profesionalisme pelayanan, biasanya mereka tidak jadi menelepon karena merasa akan lebih baik menggunakan waktu mereka untuk menelepon pesaing yang memiliki website. Kedua contoh di atas patut digarisbawahi mengapa situs web itu penting.

 

Saya menyarankan untuk perusahaan atau bahkan pelaku bisnis mandiri, bangun sebuah situs web yang akan dioptimalkan mesin pencari dan dirancang untuk mendorong penjualan. Memang benar bahwa pemasaran media sosial terus berkembang pesat, tetapi hal itu artinya bukanlah sebuah persaingan antara membangun website dengan pemasaran menggunakan medsos.

 

Akan tetapi kemampuan medsos untuk menautkan kembali ke situs web profesional yang ramah pengguna dengan semua informasi yang dibutuhkan konsumen tentu menjadi sangat berharga!
Menggabungkan antara kekuatan website dengan sosmed adalah solusi terbaik.

 

Sebuah situs web juga membuat bentuk pemasaran lain menjadi lebih mudah. Misalnya, saat jika Anda berencana untuk memasang iklan, seperti iklan Facebook atau Instagram, Anda dapat mengarahkan pengguna ke toko online situs web Anda, halaman arahan informasi, atau apa pun yang menurut Anda terbaik untuk mendapatkan konversi penjualan dari prospek.

 

 

3. Mengapa Situs Web Penting? Ini Menunjukkan Profesionalisme Anda

Sebagaimana yang telah saya ulas disini, salah satu alasan lain mengapa situs web penting bagi bisnis anda adalah karena ada sebagian besar pasar yang bahkan tidak akan mempertimbangkan anda sebagai pilihan ketika mereka ingin membeli, jika Anda tidak memiliki website. 

Laporan dari profitworks.ca diketahui bahwa banyak tipe customer yang bahkan secara pribadi jika mereka berurusan dengan pemasok tempat mereka ingin membeli dan pemasok tidak memiliki situs web, mereka cukup menghapusnya sebagai salah satu opsi pengambilan sebagai suplier dan pandangan mereka terhadap perusahaan itu jadi berkurang.

 

Ketiadaan webiste telah memberi kesan kepada pembeli golongan ini bahwa itu adalah perusahaan yang dikelola dengan sangat buruk walaupun kenyataannya tidak seperti itu. Jadi bagaimanapun website tetap penting.

 

Dengan sudut pandang ini, mengapa seorang customer ingin membeli dari perusahaan seperti ini? Berdasarkan pengalaman, kebanyakan orang berpikir profesionalisme, bahwa dengan website sebuah perusahaan dianggap profesional, sementara tanpa web mengindikasikan bahwa perusahaan buruk pengelolaannya. Ini soal mindset, tidak bisa dipaksakan.

 

Ada beberapa orang yang tidak memiliki pemikiran yang sama tetapi saya kira mungkin 80 % orang memiliki pendapat lebih rendah tentang perusahaan yang tidak memiliki situs web dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki website.

 

Berikut adalah tampilan situs Profitworks untuk memberi anda gambaran tentang bagaimana Anda dapat mempromosikan bisnis Anda dengan situs web profesional.

 

 

4. Mengapa Penting Memiliki Website? Website akan Memberi Anda Nilai “selamanya”

Bagian terbaik dari sebuah situs web adalah begitu Anda berinvestasi di dalamnya, Anda memilikinya selamanya dan website akan terus bekerja untuk Anda selamanya. Apa metode periklanan lain yang sekali Anda bayar, itu terus bekerja untuk bisnis Anda selamanya? Tidak banyak atau mungkin malah hampir tidak ada.

 

Saya sendiri mendapatkan banyak orang yang menghubungi saya untuk membeli software yang kita kembangkan adalah dari website. Saya saat ini memiliki setidaknya 5-6 website dan mendapatkan hampir 100 % orang menghubungi saya dari website-website saya tersebut meskipun terkadang saya tidak sempat mengoptimasinya.

 

Ketika Anda membayar untuk iklan surat kabar, Anda mendapatkan satu iklan itu dan manfaat apa pun yang dihasilkan oleh satu iklan. Tetapi setelah iklan itu selesai, uang yang Anda habiskan untuk iklan surat kabar hilang dan anda tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali.

 

Jika Anda tidak mendapatkan laba atas investasi darinya, Anda tidak akan pernah bisa. Hal yang sama berlaku untuk Google Adwords, Iklan Facebook, Iklan Instagram, Iklan Linkedin, daftar Yellow Pages, iklan majalah, dll.

 

Sedangkan untuk situs web, jika Anda tidak membuat ROI positif di tahun pertama, jangan khawatir karena Anda memilikinya mulai sekarang, sampai akhir waktu untuk mendapatkan pengembalian investasi Anda.

 

Jadi miliki situs web yang akan dioptimalkan mesin pencari dan dirancang untuk mendorong penjualan.

 

 


5. Mengapa Website Penting untuk Bisnis ? Ini adalah Iklan Pemasaran Biaya Per view yang Rendah

Memiliki situs web adalah sangat penting karena merupakan sarana pemasaran biaya per view yang sangat rendah. Bergantung pada kualitas perancang situs web yang Anda pilih dan kerumitan situs Anda, biasanya biayanya antara 3 juta rupiah sampai dengan 25 juta rupiah. Semakin profesional dan disesuaikan, semakin tinggi biayanya.

 

Misalnya menggunakan perusahaan profesional yang membuat situs web khusus seperti paket situs web Ngobiss Network ini yang biayanya mulai dari 3 juta rupiah saja. 

 

Satu-satunya biaya tambahan selain desain situs web adalah hosting situs web, yang sangat murah. Untuk pemesanan di Ngobiss Network hanya IDR 990.000/ tahun (untuk paket website bisnis). Sudah tercakup dalam biaya tersebut, selain domain dan hosting sudah termasuk jasa maintenance.

 

Misalnya jika Anda bekerjasama dengan Ngobiss Network untuk maintenance website anda, yang menyertakan konsultasi gratis, Anda mungkin akan melihat bahwa biaya sekitar IDR 1 juta/ tahun bukanlah sebuah biaya yang mahal. Itu hanya kurang dari 100 ribu/ bulan.

 

Mari kita asumsikan bahwa Anda menghabiskan IDR 5 juta rupiah untuk membangun situs web anda, dan mari kita lihat bagaimana perbandingannya dengan metode pemasaran lainnya dengan biaya per 1.000 view.

 

Jika Anda tidak terbiasa dengan kesan apa, Anda dapat menemukan definisi di kamus pemasaran bisnis kecil kami. Untuk contoh ini jika kita berasumsi bahwa situs web mendapat 1.000 kunjungan sebulan dan rata-rata pemirsa melihat 3,5 halaman setiap kunjungan. Ini setara dengan 42.000 view halaman per tahun dan sangat mudah dicapai untuk hampir semua situs web jika diberdayakan dengan baik.

 

Memiliki situs web, di samping Iklan Facebook, adalah metode pemasaran yang paling hemat biaya ketika melihat biaya per 1.000 view-nya. Situs web Anda akan jauh lebih efektif daripada Iklan Facebook karena orang-orang melihat situs web Anda, mereka secara aktif terlibat dalam mempelajari tentang perusahaan Anda.

 

Membuat orang-orang terlibat secara aktif di situs web Anda selama beberapa menit pada suatu waktu akan menghasilkan lebih banyak prospek dan penjualan daripada Iklan Facebook kecil karena kebanyakan orang bahkan tidak memperhatikan Iklan Facebook.

 

Jika Anda ingin mempelajari tentang taktik hebat lainnya untuk mendapatkan lebih banyak prospek dari situs web Anda, anda dapat kontak Ngobiss Network.
Miliki situs web yang akan dioptimalkan mesin pencari dan dirancang untuk mendorong penjualan.

 

 

6. Mengapa Website Penting untuk Bisnis Anda? Ini Akan Memberi Anda ROI (Return Of Inestment) Positif

Alasan bagus lainnya mengapa memiliki situs web itu penting adalah karena akan memberi Anda ROI positif. Jika kami menggunakan contoh yang sama dari paragraf di atas untuk lima tahun pertama memiliki situs web, biaya Anda akan menjadi jauh lebih murah.

 

Berapa banyak penjualan yang perlu Anda hasilkan untuk membayar ini kembali ? Jika Anda berada dalam pasar bisnis ke bisnis, tebakan saya adalah Anda mungkin hanya perlu satu penjualan untuk membuat investasi situs web Anda sudah ROI. Jika satu penjualan tidak cukup, mungkin hanya 2 atau 3 kali penjualan.

 

Peluang situs web Anda menghasilkan lebih dari 2-3 penjualan ke pelanggan selama lima tahun hampir bisa dipastikan dijamin bisa mengingat situs web adalah tentang sumber pelanggan baru. 

 

Bahkan jika Anda berada dalam bisnis ke pasar konsumen, berapa banyak penjualan yang Anda butuhkan, untuk membuat investasi situs web berharga, IDR 20 juta, 30 juta, atau 100 juta mungkin? Menghasilkan lebih dari 1 Milyar selama 5 tahun dari sebuah situs web adalah sangat mungkin jika anda adalah perusahaan bisnis to bisnis.

 

Lakukan perhitungan, tetapi saya yakin ketika Anda melihat angka-angkanya, mereka akan membuktikan sendiri bahwa berinvestasi di situs web itu bermanfaat. Miliki situs web yang akan dioptimalkan mesin pencari dan dirancang untuk mendorong penjualan.

 

 

7. Mengapa Penting Memiliki Website untuk Bisnis Anda? Ini Memberi Anda Peluang di Luar wilayah Bisnis Anda

Dengan mendapatkan situs web memungkinkan siapa saja di dunia untuk menemukan bisnis Anda. Jika Anda memiliki produk yang dapat dengan mudah dijual secara online, Anda dapat secara dramatis meningkatkan basis pelanggan Anda dengan menjual secara online.

 

Atau mungkin Anda tidak dapat menjual layanan Anda secara online tetapi dengan memiliki situs web Anda dapat memperoleh pelanggan yang berada di luar jangkauan geografis upaya pemasaran Anda.

 

Saya pribadi dengan berjualan software koskosan dan software travel umroh, sangat sulit rasanya dapat menghasilkan penjualan dari berbagai daerah di Indonesia jika tidak menggunakan website. Saat ini (akhir tahun 2020) saya telah menjual lebih dari 100 kopi software Amsol Sikos dan setidaknya 20 kopi Amsol Manajemen Umroh, 2 software yang menjadi tumpuan nafkah jualan penyambung hidup saya saat ini selain beberapa software yang lain seperti software Akuntansi Yayasan baik Pendidikan maupun Sosial.

 

Memang penjualan saya sempat drop dikarenakan pandemi, tetapi itu adalah kasuistik dikarenakan produk saya adalah produk tersier yang merupakan 2 bisnis terdampak terbesar saat terjadi pandemi ini.

 

 

8. Mengapa Situs Web Penting? Ini adalah Pusat Data yang Mudah Diakses

Alasan hebat lainnya mengapa sebuah situs web penting adalah karena ia juga dapat bertindak sebagai pusat data bagi karyawan, pelanggan, dan prospek Anda sendiri.

 

Contoh yang bagus dari ini adalah para pembeli sofware saya. Biasanya setelah membeli software saya, para pembeli saya meminta saya untuk sekalian mengonlinekannya agar mereka dapat dengan mudah mengakses data dari manapun mereka berada. Karena semua jualan software saya adalah berkonsep webbase dimana salah satu prinsipnya adalah integrated dimana dapat diakses darimanapun selama ada koneksi internet.

 

Dalam satu hosting, domain utama biasa mereka manfaatkan untuk wadah website Company Profile mereka, sementara software manajemen nya mereka taruh di sub domain. Dengan demikian satu hosting bisa untuk menfasilitasi lebih dari 1 aplikasi/ software webbase.

 

Bahkan software nya ini di dalamnya berupa pengelolaan terhadap sistem internal seperti : data karyawan, data keuangan, data pembelian, data persebaran produk, dan lain sebagainya.
Sementara itu juga kerapkali terinstall toko online untuk menfasilitasi penjualan dan interaksi dengan customer.

 

Memiliki banyak informasi yang relevan di situs web Anda, tidak hanya sebagai sumber traffic yang bagus untuk mendatangkan pelanggan baru bagi Anda, tetapi juga akan membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google. Memiliki situs web yang akan dioptimalkan mesin pencari dan dirancang untuk mendorong penjualan adalah sebuah nilai yang tidak terbantahkan lagi.

 

 

9. Mengapa Website Penting untuk Bisnis? Ini Memberikan Dukungan Pelanggan Layanan Mandiri

Keuntungan lain dari memiliki situs web adalah dapat meningkatkan dukungan pelanggan Anda dan sebagai hasilnya meningkatkan layanan pelanggan Anda secara keseluruhan. Sebuah situs web dapat melakukan ini jika Anda memposting FAQ (Pertanyaan yang paling sering diajukan) dan Cara-cara bagaimana melakukan pembelian, di situs web Anda.

 

Bisa juga dengan membuat forum di mana pengguna dapat saling bertanya tentang produk Anda dan pengguna lain dapat menjawab pertanyaan ini. Jawaban atas masalah atau pertanyaan umum ini kemudian tersedia di internet jika pelanggan lain mencari di mesin pencari solusi untuk masalah ini.

 

Anda juga dapat mengarahkan pelanggan ke sumber daya terdokumentasi online ini sehingga mereka dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Ini dapat membuat segalanya lebih cepat bagi pelanggan Anda dan juga membuat tim support dan customer service pelanggan Anda jadi bekerja jauh lebih efisien.

 

Tidak semua produk atau layanan dapat memperoleh manfaat dari forum pemecahan masalah, tetapi saya berpendapat bahwa semua produk dapat memperoleh manfaat dari halaman Tanya Jawab untuk pertanyaan umum serta forum tempat pelanggan dapat memposting pertanyaan, komentar, atau umpan balik apa pun yang mereka miliki tentang suatu produk.

 

Anda tertarik membuat website yang seperti itu ? Komunikasikan dengan kami dengan klik link whatsapp di pojok kanan bawah web ini.