Pengelolaan Keuangan Yayasan

Manajemen keuangan yang efektif sangat penting untuk kelangsungan perkembangan dan pertumbuhan yayasan. Ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pemantauan sumber daya keuangan untuk mencapai tujuan yayasan.

 

Terkadang beberapa orang menganggap bahwa pengelolaan keuangan tidaklah terlalu penting dalam perkembangan yayasan karena dianggap tidak memiliki hubungan langsung dengan pelayanan terhadap donatur.

 

Pandangan seperti itu adalah salah, karena pengelolaan keuangan yang tidak baik akan terlihat dari luar berupa ketidaksingkronan laporan keuangan. Sementara itu sebuah yayasan pastinya harus melaporkan keadaan keuangannya kepada para donatur, minimal sebulan sekali.

 

Manajemen keuangan yang baik akan membantu yayasan Anda memanfaatkan sumber daya secara efektif, memenuhi komitmen kepada pemangku kepentingan, memperoleh keunggulan kompetitif, dan mempersiapkan stabilitas keuangan jangka panjang.

 

Manajemen keuangan harus menjadi bagian dari proses utama dalam bisnis Anda dan dimasukkan dalam perencanaan berkelanjutan. Anda mungkin merasa bahwa keuangan Anda rumit dan membingungkan, tetapi beberapa tips berikut insyaAllah akan membantu Anda mengendalikannya.

 

 

1. Memiliki rencana perkembangan dan pertumbuhan organisasi yang jelas

 

Rencana akan menetapkan di mana Anda berada dan ke mana Anda ingin pergi selama beberapa tahun ke depan. Ini harus merinci bagaimana Anda akan membiayai Yayasan Anda dan kegiatannya, uang apa yang Anda perlukan dan dari mana asalnya.

 

Sama seperti organisasi profit oriented, mengelola keuangan lembaga nirlaba juga harus memiliki arah perkembangan organisasi secara jelas. Karena tanpa itu akan berdampak pada pengelolaan keuangan yang tidak bagus.

 

 

2. Transparansi

 

Tentu saja transparansi adalah kekuatan paling penting dalam pengelolaan keuangan sebuah yayasan atau lembaga sosial. Karena bagaimanapun sumber pendanaan utama dari sebuah Yayasan atau Lembaga sosial adalah dari donasi masyarakat.

 

Tanpa adanya transparansi sudah pasti akan berpengaruh tidak baik pada pandangan masyarakat terhadap organisasi anda. Sehingga ujung-ujungnya akan mengurangi semangat berdonasi yang dilakukan oleh masyarakat pada lembaga anda.

 

Untuk mendapatkan pengelolaan keuangan organisasi yang transparan sudah pasti anda membutuhkan sistem yang dapat mengcovernya. Terdapat beberapa sistem yang disediakan oleh Amanah Solution untuk menunjang gerak organisasi anda. Selengkapnya.

 

 

3. Akuntable

 

Syarat berikutnya pengelolaan manajemen keuangan yayasan adalah harus akuntable. Maknanya adalah jelas dan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik. Ketika ada audit dari lembaga independen, sebuah yayasan sosial harus bisa menjawab dengan laporan yang auditable sehingga keluar status laporan audit yang bagus.

 

Sudah jelas salah satu variabelnya adalah agar sisi kanan dan kiri laporan akuntansi harus balance.

 

 

4. Sesuai aturan, pengurus tidak digaji

 

Pengurus Yayasan tidak boleh menerima gaji. Akan tetapi pegawai boleh selama pegawai tersebut tidak duduk di kepengurusan. Karena sesuai peraturan negara, bahwa pengurus yang tidak digaji merupakan syarat dan merupakan bagian dari nilai-nilai tujuan didirikannya yayasan yang tentu saja harus bersifat sosial, bukan profit oriented.

 

Jadi, jangan masukkan gaji pengurus ke dalam laporan keuangan yayasan.

 

 

5. Informatif, mudah dimengerti

 

Laporan keuangan yayasan harus informatif dan mudah dimengerti karena pada dasarnya para donatur adalah orang awam yang tidak mengerti detil akuntansi. Maka berikan laporan yang informatif dan mudah dimengerti. Paling tidak ada laporan berapa donasi yang didapatkan, didapat dari siapa saja, digunakan untuk apa saja, dan bagaimana rencana ke depannya.

 

Kemudian untuk desain interface laporan juga harus yang simpel tapi tidak membuat mata malas untuk melihat. Gunakan hanya software yang terbaik untuk mendapatkan laporan keuangan yang efisien.

 

 

6. Tidak membebani pegawai

 

Biasanya di 10 hari terakhir di setiap bulan, load karyawan sangat tinggi. Ini pengalaman saya selama menangani beberapa yayasan besar di Surabaya seperti Nurul Hayat, LMI, dan Yatim Mandiri. Di akhir bulan benar-benar pegawai tidak bisa diganggu gugat karena harus menyiapkan laporan dan penggajian.

 

Ini tentu tidak baik karena akan menimbulkan stress yang tinggi. Padahal jaman sekarang sudah ada Sistem Informasi. Ya mungkin anda menganggap belum ada Sistem Informasi yang powerfull yang bisa menggantikan peran pegawai.

 

Jika ada pemikiran seperti itu mengapa tidak anda coba bicarakan dengan konsultan/ IT Advisor ? Atau setidaknya coba untuk trial Software Akuntansi Yayasan-nya Amanah Solution (gmaps)

 

Komunikasi dengan pihak-pihak yang spesialis di bidangnya sangat anda perlukan demi pertanggungjawaban yang baik terhadap para stakeholder Yayasan anda, yang sudah pasti mereka harus anda manjakan karena memiliki kepentingan. Karena bagaimanapun sebuah yayasan adalah dunia pertanggungjawaban terhadap para stakeholder seperti : donatur, pegawai, dan auditor independen.

 

Feel free to discuss anything with me !

 KLIK DISINI 
WA : 0895-3536-988-66

 

 

7. Pantau posisi keuangan Anda

 

Anda harus secara teratur memantau perkembangan yayasan Anda. Setiap hari, Anda harus tahu berapa banyak uang yang Anda miliki di bank dan berapa banyak donasi yang Anda hasilkan. Anda juga harus meninjau posisi Anda terhadap target yang ditetapkan dalam rencana perkembangan dan pertumbuhan Organisasi setiap bulannya.

 

 

8. Ketahui biaya harian Anda

 

Bahkan perusahaan yang paling menguntungkan pun dapat menghadapi kesulitan jika tidak ada cukup uang tunai untuk menutupi biaya sehari-hari seperti sewa dan upah. Anda harus menyadari kebutuhan minimum Yayasan Anda untuk bertahan dan memastikan Anda tidak berada di bawahnya.

 

 

9. Dapatkan pendanaan yang tepat 

 

Sangat penting bagi Anda untuk memilih siapa audiens yayasan Anda, karena setiap jenis keuangan dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Bisnis yang lebih kecil biasanya lebih mengandalkan cerukan bisnis dan pendanaan pribadi tetapi ini mungkin bukan jenis pendanaan terbaik untuk Yayasan yang ingin tumbuh dan berkembang dengan eksponensial.

 

Yang terbaik untuk Yayasan yang ingin besar adalah dengan mengajak kerjasama Perusahaan-perusahaan besar dan kelas menengah ke atas.
Jangan lupa untuk menuju kesana harus bagus branding lembaga anda dalam ketersesuaiannya dengan target audiens anda.

 

 

10. Menjadi lebih efisien dan selalu mengontrol kemungkinan overhead

 

Apakah lembaga Anda beroperasi paling efisien? Penghematan energi dan karena itu uang dapat terjadi dengan menerapkan perubahan perilaku dan menggunakan peralatan yang ada secara lebih efisien. Ini adalah salah satu cara termudah untuk memotong biaya. Area yang harus diperhatikan di kantor rata-rata termasuk pendingin, penerangan, sarana komunikasi, sarana transportasi, dan peralatan kantor. 

 

Bahkan sebuah organisasi nirlaba dalam koridor syariat agama Islam hanya memperkenankan penggunaan donasi untuk Amil Zakat maksimal hanya 1/8 atau 12 %. Sementara untuk donasi murni/ sedekah maksimal adalah 20 %. Namun demikian jika bisa mengurangi kurang dari itu tentu itu adalah prestasi.

 

Sebagian yayasan berpikir untuk membuat lini usaha agar bisa mendanai operasional atau setidaknya mengurangi biaya operasional dari lini bisnis. Tapi menurut saya ini tidak begitu bagus karena akan mengurangi fokus orientasi visi dan misi organisasi.  

 

Lama-lama yayasan sosial akan terjebak pada orientasi investasi profit kalau sudah demikian. Daripada bisnis mengapa saldo tidak ditaruh di investasi yang 100 % aman ? Bisnis kredit pembelian misalnya. Ini tentu akan jadi preseden buruk yayasan anda.

 

Yang terbaik adalah melakukan efisiensi proses bisnis, kemudian melatih SDM agar berkualitas dan lebih profesional sehingga ibaratnya satu orang pegawai sudah cukup untuk menghandle pekerjaan 10 pegawai karena saking efisiennya proses bisnisnya. Tentu saja solusinya adalah Sistem.

 

Tapi sistem yang bagaimana ?

 

Sudah pasti gunakan sistem yang integrated (dimana setiap lini departemen terdapat ketersambungan), otomatisasi (dimana kegiatan analisa dan penyediaan data dihandle oleh sistem), dan ada kekuatan prediction (dimana ada tabel yang dapat digunakan untuk memprediksi bulan-bulan berikutnya oleh decision maker)

 

----------------------
- Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Sosial
- Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Pendidikan
- Software Sistem Informasi Penghimpunan Donasi
- Software Sistem Informasi Bendahara Sekolah
- Web Penghimpunan Donasi Online 
 
Request --->  KLIK DISINI 
----------------------