Produsen Playmat Mainan Anak Khazana Creative

Belajar bisnis dari Produsen Mainan Anak Playmat dan Road mat Khazana Creative:
Omset Naik Drastis Justru Saat Corona Melanda
--------------------------------------

Kalau kita dengar banyak sekali usaha di luar sana yang omsetnya menurun drastis atau bahkan ada yang gulung tikar sama sekali karena terkena Corona, ini ada cerita unik dari sebuah usaha kecil yang justru usahanya meningkat drastis di saat Wabah. Nama usahanya adalah KHAZANA CREATIVE.

--------------------------------------
Perkiraan waktu baca : 10 menit
Hindari skimming untuk pemahaman optimal
--------------------------------------


Kisi-kisi Artikel :

--------------------------------------

Sebagai produsen mainan anak, saya bilang usaha kecil karena belum ada karyawannya. Yang menjalankan lho “hanyalah” sepasang suami istri. Tinggal di sebuah gang sempit di sebuah wilayah di kota Sidoarjo Jawa Timur dengan 3 orang anak.
 
Produsen Playmat Khazana CreativeProdusen Playmat Khazana Creative

 Kisah Singkat Di balik Bisnis Jualan Mainan Anak Playmat dan Road mat Khazana Creative 

Pak Burhan, sang suami, sebelumnya adalah seorang pegawai yang bekerja pada sebuah Perusahaan pembuat dan pengelola kapal pesiar, Orela Shipyard.  
Di Orela, Bapak 3 anak ini bekerja sebagai seorang desainer grafis selama 7 tahun. Beliau dulunya adalah seorang lulusan kuliah jurusan desain sehingga memiliki keahlian di bidang desain grafis.
 
Tanpa dinyana di tahun ke delapan, Orela mengalami  gagal tender tanpa diduga-duga. Separo lebih pegawainya terpaksa di-PHK. Termasuk yang terkena gelombang PHK besar ini adalah pak Burhan.
 
Pesangon yang tidak seberapa habis hanya dalam waktu kurang dari 2 bulan. Dan akhirnya harus mencari solusi untuk mendapatkan alternatif pendapatan lain. Tentu tidak mudah beralih dari seorang pegawai menjadi pebisnis, karena sudah kadung terbiasa lama bekerja di sebuah Perusahaan dan mendapatkan gaji rutin bulanan.
 
Tapi alhamdulillah, tak lama kemudian pak Burhan mendapatkan pekerjaan. Meskipun tidak sementereng pekerjaan sebelumnya tapi setidaknya sudah bisa dibuat jagan-jagan setiap bulan.  Beliau diterima sebagai admin di salah sebuah Biro Travel Umroh di Sidoarjo.

Jangan bayangkan gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena berapa sih gaji admin? Mungkin gaji admin masih cukup untuk yang masih single, akan tetapi untuk bapak-bapak dengan 3 anak tentu tidaklah cukup. Sehingga pak Burhan harus nyambi jualan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari beliau dan keluarga beliau.

Produsen playmatPak Burhan dengan Laptop Kesayangan sebagai Senjata Desain
 
Dengan dibantu oleh isteri tercinta, berbagai usaha akhirnya dicoba. Mulai dari jualan pentol, kebab froozen, pakaian, bahkan sampai dengan sempol. Semua dicoba dan dijalani dengan tekun, keikhlasan, dan penuh kesungguhan. Namun akhirnya banyak yang berhenti dikarenakan berbagai persoalan. Mulai dari persoalan stok dari supplier yang tidak bisa di prediksi, pengiriman yang tidak mudah, bahkan sampai dengan biaya operasional yang tidak sebanding.

“Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu...” (Ali Imron : 86)


Cobaan lebih parah didapatkan pak Burhan dan keluarga ketika wabah Covid-19 melanda negeri kita di awal-awal tahun ini. Dimana usaha umroh tempat beliau bekerja terpaksa tiarap dulu karena jelas tidak ada order karena kegiatan ibadah umroh ditutup dari negeri Saudi sana. Pak Burhanpun terpaksa harus terkena PHK (lagi), hanya kurang dari 3 bulan bekerja di travel Umroh tersebut. Lengkap sudah “penderitaan”.  

Begitulah cobaan hidup, kadang roda berputar di atas kadang di bawah. Tetapi manusia harus tetap berusaha menjalaninya dengan ikhlas dan ikhtiar yang sebaik-baiknya. Dan Allah akan menilai usaha kita sesuai tingkat keikhlasan dan kesungguhan masing-masing.
Dan akhirnya ide itu muncul. Allah akan kasih petunjuk kepada hamba-Nya yang mau berusaha dengan maksimal dan berdoa.

Berangkat dari tanpa sadar memperhatikan anak-anak yang main Hot wheels di berbagai medan, ada yang di meja, di dinding, di lantai. Memunculkan ide untuk membuat sebuah “medan tempur” bagi anak-anak untuk bermain Hot wheel-nya sehingga lebih menyenangkan bagi mereka.

Mainan Hot wheels sumber inspirasi Produksi Playmat Mainan AnakMainan Hot wheels sumber inspirasi Produksi Playmat Mainan Anak

Dasar orang desain, otaknya berpikir ke arah modul (medan mainan) yang bagaimana ya yang kira-kira bisa menunjang kegiatan anak-anak bermain mobil-mobilan kecil ini lebih menyenangkan bagi mereka. Sehingga akhirnya ide itu muncul, mengapa tidak bikin playmat/ road mat aja ? Ya sebuah tempat agar kesenangan mereka ini lebih lengkap.

Betapa banyak anak-anak yang suka menjalankan mobil-mobilannya di tempat-tempat tertentu yang menarik yang memiliki pola mirip dengan medan sebenarnya ? Akhirnya ide membuat playmat tempat bermain anak inipun muncul.
Hingga akhirnya lahirlah produsen mainan anak Playmat dan Road mat Khazana Creative

Playmat adalah matras/alas yang digunakan oleh anak untuk menunjang bermain mereka. Biasanya mengandung pola grafis seperti taman bermain dimana terdapat jejak kaki, angka, dan modul tertentu lainnya. Sedangkan roadmat pengertiannya tidaklah berbeda jauh dengan playmat, hanya saja bedanya adalah pada polanya yang mirip jalan raya dimana terdapat bangunan, pohon, bahkan pom bensin, hotel, Mall, Rumah Sakit, lengkap dengan rambu-rambu jalannya, tentu saja itu semua semakin menambah keasyikan anak dalam bermain. Anak-anak bisa lama berjam-jam bermain.

Kalau selama ini sarana seperti itu terlalu mahal, karena harus 3 dimensi seperti sirkuit balapan misalnya, kenapa tidak mencoba bikin yang lebih murah ? Selama ini playmat sudah ada, tetapi lebih banyak yang berfungsi sebagai alas untuk bayi. Agar bayi tidak masuk angin, dibuatlah playmat. Playmat ini diberi grafis desain warna-warni, tujuannya adalah agar merangsang bayi untuk peka terhadap warna sehingga menyukainya. Tak lupa alas harus tebal agar nyaman di badan bayi yang masih lembut tersebut.

Playmat Mainan Anak yang sudah ada selama iniPlaymat Mainan Anak yang sudah ada selama ini

Kalau seperti itu tentu masih mahal. Maka produksi mainan anak playmat dan roadmat Khazana Creative versi pak Burhan ini di buat dari bahan yang sama untuk spanduk. Pengerjaannya sederhana juga, sama persis seperti bikin spanduk. Yang membedakan adalah pola desainnya saja.

“Kekuatannya memang disitu, desain yang menarik yang membentuk pola-pola permainan bagi sang anak. Dan lahirlah produksi mainan anak playmat dan roadmat Khazana Creative ini.” Kata Pak Burhan.

“Ketepatan” pas musimnya Corona, sehingga dengan adanya produk ini nanti diharapkan bisa membantu orang tua terutama ibu-ibu untuk membuat “tenang” anaknya tinggal di rumah selama musim wabah ini. Anak-anak tidak mungkin terus-terusan main dengan gadget karena hal itu tidak baik bagi perkembangannya.

Dan sarana penunjang kegiatan bermain di rumah ini tentu sangat dibutuhkan oleh ibu-ibu demi membuat anak-anaknya betah di rumah di musim Corona ini.
Apalagi produksi mainan anak playmat dan roadmat Playmat Khazana Creative ini berkonsep edukasi. Tepak wis...

Sehingga kecerdasan motorik anak akan bertambah dengan menggunakan produk yang satu ini. Di awal orangtua harus mengajarkan dulu agar anak terbiasa. Baru sesudah anak paham, anak bisa dilepas main ini.
Ide yang pas.

bermain playmat mainan anakbermain playmat mainan anak

Bermain dengan playmat tentu tidak seperti gadget yang perlu dibatasi waktunya. Bermain dengan playmat adalah berinteraksi dengan alam nyata, tidak akan berbahaya bagi anak sehingga tidak perlu dibatasi. Apalagi dengan desain yang bagus seperti ini tentu malah semakin meningkatkan kecerdasan dan kreatifitas anak.


 Sebagai Pemain Baru 

--------------------------------------

Khazana Creative sebagai produsen mainan anak, dalam hal ini tentu saja adalah pemain baru. Namun hanya dalam hitungan bulan sudah mampu berkembang bahkan ketika kebanyakan bisnis lain serba turun trend-nya. Ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa.

Produksi mainan anak playmat dan roadmat berkembang sangat pesat. Hanya dalam waktu kurang dari 4 bulan dari launching, sudah terjual lebih dari 2000 picis. Bahkan di bulan Maret kemarin selama sebulan terjual 500 picis. Untuk bulan ini di separo bulan pertama sudah terjual lebih dari 300 picis. Dan trendnya sepertinya akan terus meningkat.

Tabel Penjualan Playmat Khazana CreativeTabel Penjualan Playmat Khazana Creative
 
Mengapa bisa ? Apa rahasianya ? Ya yang utama tentu hal itu merupakan kuasa dari Allah semata. Allah melapangkan rezeki kepada siapapun yang Dia kehendaki dan bagaimanapun keadaannya. Namun demikian, manusia tetaplah memiliki potensi untuk merubah nasibnya, karena manusia diberi kemampuan untuk berusaha.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai dengan kaum itu mau merubah nasib mereka sendiri.”

Kita harus mencari tahu sebab kauniyah-nya. Karena dengan mencari tahu sebab kauniyah mengapa Bisnis ini bisa survive dan berkembang meskipun di tengah pandemi, dari sana kita bisa mencontoh sebab tersebut untuk kita terapkan pada bisnis kita. Mari kita contoh !

 

 Sebab Kauniyah Rahasia Kesuksesan Khazana Creative 

Kalau kita amati, berikut adalah di antara rahasia kesuksesan bisnis mainan anak playmat dan roadmat Khazana Creative adalah :

  1. Senantiasa ikhtiar, Ini modal paling dasar.
    Dari semula di-PHK dari pekerjaan sesudah 7 tahun mengabdi, kemudian hanya dalam 2 bulan kurang pesangon sudah habis, lalu cari-cari pekerjaan tidak dapat. Begitu dapat eh hanya dalam 2 bulan sudah di-PHK kembali tentu merupakan problem yang bisa bikin stress. Apalagi jualan juga tidak mesti selalu laku.

    Tapi harus tetap ikhtiar untuk berusaha, karena manusia dituntut untuk itu oleh Yang Maha Kuasa.

  2. Doa.
    Jangan kesampingkan doa. Doa merupakan sarana pertama dalam menjalin hubungan dengan Rabbul ‘alamin yang Maha Mengurusi Rezeki kita. Selain itu dengan doa akan menguatkan kita. Dengan berdoa tidak akan menambah atau mengurangi Ke-MahaPerkasaan Dzat Yang kita ibadahi. Justru doa malah menguatkan diri kita. Karena dengan berdoa men-stimulus syarat-syarat hasrat kita untuk berjuang.

  3. Pandai melihat situasi
    Meskipun tidak langsung berhubungan dengan kebutuhan pokok sehari-hari (makan dan minum), Produk Khazana Creative tetap dibutuhkan orang. Mengapa ? Ya karena mendukung program Stay At Home. Anak-anak di musim beginian harus stand by di rumah. Tidak boleh keluar rumah.

    Tapi di rumah terus kan boring. Nah, inilah solusinya. Kasih mainan. Kan ada gadget. Tidak boleh gadget terus-terusan. Harus ada variasi. Nah beri variasi dengan playmat-nya Khazana Creative. Cocok kan…

  4. Momen yang pas
    Pas muncul wabah, pas dimulai usaha ini. Sehingga kampanye marketingnya tinggal diselaraskan saja. Stay at Home with Khazana Creative. Sebagai produsen mainan anak, tentu ini adalah momen yang sangat pas.

  5. Modal pertemanan adalah hal terpenting.
    Pertemanan sudah siap sebelum muncul ide produk. Jangan pernah remehkan Instagram dan Facebook sebagai sarana pertemanan. Jadi fungsikan benar-benar medsos sebagai hubungan sosial, untuk menjangkau lebih banyak teman. Jangan untuk jualan. Jualan ada forumnya sendiri. Sekali waktu bolehlah jualan, terutama pada yang sudah kenal. Jangan belum-belum sudah jualan dulu. Orang pasti eneg klo seperti itu.

    Sebelumnya, nyonya Burhan adalah seorang pedagang online juga. Produk-produknya adalah berupa makanan olahan seperti sosis, sempol, dan foozen food. Sehingga dari sana tidak heran jika beliau cepat sukses di penjualan playmat ini. Sebagai produsen mainan anak yang masih baru, tentu ini merupakan tambahan energi tersendiri.

    Karena pada dasarnya sebelumnya telah memiliki jaringan (kedekatan emosional) yang cukup luas dan dikenal di kalangan ibu-ibu. Sehingga ketika muncul produk baru, lebih mudah mengkomunikasikan ke pasar. Ibu-ibu yang lain tinggal di broadcast infonya. Apalagi ditunjang dengan video. Karena video jaman sekarang (asal dikemas yang baik) biasanya memiliki convertion rate paling tinggi di antara tools marketing lain..  

  6. Ditunjang dengan video atau gambar.
    Pertama kali tentu dibuatkan produk contoh dulu. Nah, produk contoh inilah yang dipoto dan divideokan ketika dimainkan anak-anak. Cara seperti ini cukup efektif dimana mampu meningkatkan corversion rate. Yang penelitian menunjukkan, dengan gambar/ video bisa meningkatkan penjualan sampai dengan 60 %

    Pengoperasian produk dapat terlihat secara nyata yakni membuat anak-anak senang bermain. Siapa sih yang tidak demen melihat anak-anak aring bermain ? Semua juga demen.

    Contoh gambar yang dijadikan tools marketingContoh gambar Sederhana yang dijadikan tools marketing

  7. Pinter-pinternya membundling keahlian dengan situasi.
    Pada dasarnya keahlian desain grafis adalah hal yang agak sulit terutama di Jawa Timur dan sekitarnya ini, untuk menghasilkan pendapatan secara layak jika berdiri sendiri. Karena keahlian desain grafis kurang dihargai. Ini secara umum. Banyak lulusan Desain yang mengeluhkan hal ini.

    Oleh karena itu desainer grafis harus pinter memutar otak gimana caranya bisa menghasilkan dengan cara yang lebih baik melalui keahlian mereka.
    Maka muncullah ide untuk mem-bundling dengan produk lain. Di antaranya adalah dengan mengembangkan ide playmat ini. Disini keahlian desain grafis dimanfaatkan sebagai nilai tambah/ added value untuk produk yang dijual. Sekaligus menjadi entry of barrier bagi pemain lain untuk bermain di ranah yang sama..    

  8. Tidak pelit.
    Artinya jangan mau sukses sendirian.
    Ketika kamu mulai sukses, maka ajak yang lain ikut menikmati sukses. Buat apa sih sukses kalau hanya dinikmati sendiri. Caranya bagaimana berbagi dengan yang lain ? Sebagai produsen mainan anak yang ingin berkembang bersama semua orang, salah satu caranya adalah Khazana Creative memberi peluang kepada masyarakat untuk menjadi reseller.

    Khazana Creative bahkan siap memberikan keuntungan lebih besar kepada Reseller. Ini adalah peluang bagus tentunya bagi masyarakat umum yang ingin berjualan produk yang laku. Dengan menjadi reseller maka memiliki peluang yang sama dalam menjual. Bahkan untuk itu Khazana Creative senang berbagi tips bagaimana berjualan yang efektif di jaman seperti sekarang ini.

    Reseller playmat Mainan Anak Khazana CreativeReseller playmat Mainan Anak Khazana Creative

    Klik Logo whatsapp di bawah ini untuk langsung japri whatsapp Admin Khazana Creative. Jangan lupa cantumkan bahwa anda mendapatkan informasi bagus ini dari Emagz Ngobiss Network (untuk mendapatkan tambahan insentif spesial, sekaligus membantu Ngobiss.com mendapatkan tambahan reward energi untuk operasional). 

    Join Reseller Khazana Creative
     
  9. Selalu mendukung penuh para Reseller.
    Tips yang ini sangat penting nih. Dengan mendukung penuh reseller, maka juga tercipta saling trust dan loyalitas. Di antara bentuk dukungan Khazana Creative terhadap para resellernya adalah dengan memberikan free desain tools support untuk penjualan. Contoh gambarnya adalah seperti di bawah ini. Bagus ya desainnya.

    tools marketing playmat 1tools marketing playmat 1  tools marketing playmat 2tools marketing playmat 2

    tools marketing playmat 3tools marketing playmat 3  tools marketing playmat 4tools marketing playmat 4

 

 Ringkasan 8 Rahasia Kesuksesan Khazana Creative Yang bisa kita tiru 


--------------------------------------
Berikut Ringkasan 8 Rahasia Kesuksesan produksi mainan anak playmat dan roadmat Khazana Creative sebagai produsen mainan anak yang bisa kita tiru :

  1. Senantiasa ikhtiar, jangan pernah berhenti berjuang
  2. Berdoa
  3. Pandai melihat situasi
  4. Momen yang pas. Usahakan bisnis anda selalu cari momen yang pas
  5. Modal pertemanan adalah hal terpenting. Selalu pupuk pertemanan dengan baik dan dengan siapa saja.
  6. Ditunjang dengan video atau gambar. Tidak harus poto atau video profesional, yang penting cukup mengakomodir.
  7. Pinter-pinternya membundlingkeahlian dengan situasi.
  8. Tidak pelit. Artinya jangan mau sukses sendirian.
  9. Selalu mendukung penuh Reseller

 

 

 Strategi ke depan 

--------------------------------------

Ke depannya selain terus memproduksi playmat ini, Khazana Creative juga akan mencoba berekspansi. Diprediksi, kebutuhan Playmat akan terus meningkat dikarenakan anak-anak masih akan panjang dalam berlibur di rumah. Okelah mungkin pemerintah bisa saja dengan New Normal akan menginstruksikan anak-anak sekolah untuk masuk dengan pembatasan Social Distance.

Tapi pasti akan ada saja orangtua yang enggan karena kawatir anaknya.
Selain itu, playmat Khazana Creative ini merupakan mainan edukasi. Sehingga sekalipun anak-anak sudah sekolahpun tetap ketika di rumah perlu juga. Agar tidak selalu orientasi ke gadget saja.

Di antara strategi ekspansi yang hendak di lakukan Khazana Creative ebagai produsen mainan anak adalah dengan :

  1. Merancang produk baru
    Ketika saya wawancarai tempo hari, Pak Burhan selaku owner dari Khazana Creative mengatakan bahwa setidaknya sudah ada rencana untuk meluncurkan 4 jenis produk baru mainan anak-anak. Tentu kesemuanya berangkat dari ide desain yang berbasis pada kebutuhan anak karena beliau mengatakan bahwa desain-desain produk baru dirancang sesuai psikologis anak. “Rancangan sudah ada, tinggal eksekusi.” Ujar Pak Burhan 

    Ini tentu menarik bagi kita semua yang ingin menjadi reseller. Kesempatan sebagai pionir produk ini masih sangat terbuka untuk wilayah seluruh Indonesia.

  2. Menyempurnakan produk yang sudah ada.
    Playmat yang sekarang dikembangkan, bahan dan metode pengerjaannya masih sangat sederhana. Tidak berbeda dengan proses pembuatan spanduk cetak biasa. Bahan yang digunakan juga vinil biasa. Keunggulan hanya pada desain. Ke depannya ada rencana untuk mengembangkan dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih user friendly. Bisa saja dibuat 3 dimensi misalnya. Atau penambahan part lain agar lebih mantab lagi dipakai.

  3. Melakukan bundling.
    Strategi ini sudah dicoba dan cukup berhasil. Salah satu reseller membundling dengan jualan dia berupa hot wheels. Dan cukup sukses. Jadi dijual secara paket. Dimana pada satu paket tersebut terdapat beberapa mainan sekaligus yakni : playmat, hot wheel, dan mainan lain. Sangat cocok untuk dihadiahkan pada si kecil di perayaan istimewanya.

  4. Kerjasama dengan toko.
    Inipun sudah dilakukan dan cukup berhasil. Ke depan akan lebih banyak lagi digencarkan untuk kerjasama dengan toko-toko ini. Tidak mesti toko mainan. Toko jenis yang lain juga tidak apa-apa yang penting masih sejalur.

  5. Memperbanyak reseller
    Bagi anda yang ada minat untuk menjadi reseller tentu ini kesempatan baik. Saat ini sudah puluhan reseller yang bergabung. Tetapi masih di kalangan terbatas. Sementara pasar masih sangat luas. Untuk itu reseller masih terus dibutuhkan kehadirannya.


Khazana Creative
sebagai produsen mainan anak, selama ini tidak pelit dalam membagi ilmunya dalam berjualan. Dengan demikian bagi reseller mendapatkan keuntungan ganda, selain dapat income juga dapat ilmu. Ilmu ini bisa diterapkan untuk jualan yang lain juga. Jadi bisa sama-sama berkembang antara supplier (Khazana Creative) dan juga reseller. Forum khusus reseller juga sudah dibuat untuk berbagi tips berjualan.
 
 --------------------------------------

Khazana Creative membuka kerjasama Reseller dengan margin keuntungan dan insentif yang menarik dan lebih besar. Untuk informasi dan pemesanan silahkan hubungi whatsapp di bawah ini. Jangan lupa, untuk mendapatkan bonus spesial, sampaikan bahwa anda mendapatkan informasi ini dari  Emagz Ngobiss Network . Bonus merupakan persembahan spesial dari Ngobiss.com

Join Reseller Khazana Creative

 

Simak 2 testimoni berikut :
 

Nanda, Hana Toys“Saya pertamakali kerjasama sama Mas Burhan karena bisnis saya yang utama mandeg akibat Corona. Omset turun drastis jadi perlu tambahan pendapatan. Saya melihat produk-produk mas Burhan ini mantab desainnya. Akhirnya saya memutuskan jadi salah satu reseller beliau. Ternyata alhamdulillah saya bisa mendapatkan penjualan yang banyak. Bahkan saya dibolehkan beliau meng-upgrade harga dari harga yang beliau tetapkan. Saya butuh harga lebih tinggi karena saya butuh operasional lebih untuk pages toko online mainan saya.”(Nanda, Hana Toys)

 

Pak Burhan, Pemilik Khazana Creative“Kemarin saya rilis desain baru. Yakni berkonsep ular tangga. Namun karena dalam Islam tidak boleh pakai dadu, akhirnya saya ganti dengan kartu. Alhamdulillah baru sepekan sudah 20 pesanan pre order. Lumayan..” (Burhan, pemilik Khazana Creative)

 

 

Gimana kalau bisnis anda juga kami bantu bikinkan bussiness story seperti tulisan diatas ?
Jangkau lebih banyak customer dengan menceritakan story bisnis anda. Konten story yang baik mampu meningkatkan conversion rate penjualan sampai dengan diatas 50 %.
Tampilkan konten story di berbagai tools promosi anda seperti : website, blog, Company Profile, dan sebagainya. Ngobiss.com selalu berusaha mengedepankan copywriting yang SEO friendly pada setiap konten yang dibuat.
Perlu konsultasi atau bantuan ? Hubungi kami sekarang juga. KLIK DISINI