Software Akuntansi Pengelolaan Keuangan Yayasan

Memilih solusi akuntansi khusus dapat membantu Anda memprioritaskan tugas dan tetap mengetahui kebutuhan organisasi Anda.

 

Sebagai manajer keuangan atau akuntan atau bahkan sebagai pengurus di organisasi nonprofit, Anda pasti pernah menghadapi tantangan dalam memilih solusi akuntansi yang tepat untuk kebutuhan nonprofit Anda. Alasan umum untuk tantangan ini adalah bahwa organisasi seperti yang Anda pimpin memiliki kebutuhan akuntansi khusus yang tidak dapat dipenuhi oleh alat akuntansi pada umumnya.

 

Berdasarkan pengalaman saya selama ini meng-handle kebutuhan sistem klien-klien dari berbagai yayasan, umumnya mereka sebelumnya telah menggunakan sistem yang merupakan solusi dari perusahaan-perusahaan suplier software akuntansi yang sudah mapan seperti zahir, jurnal, dan accurate. Namun tidak cocok dengan kebutuhan mereka.

 

Akhirnya mereka menghubungi saya untuk membantu pengembangan sistem yang cocok dengan kebutuhan mereka.

 

Yang paling mencolok saat ini sistem akuntansi pada lembaga/ yayasan sosial adalah kewajiban untuk menggunakan standar akuntansi PSAK 109, yakni membagi penjurnalan ke dalam 5 akun besar. Sementara akuntansi pada umumnya untuk perusahaan profit tidak menggunakannya.

 

Sehingga software/ solusi sistem yang didesain untuk perusahaan profit tidak cocok dengan organisasi non profit. Bisa saja sebenarnya tetap dipakai, tapi terlalu dipaksakan.

 

Untuk mendukung proses seperti pengelolaan donasi, hibah, dan pengelolaan dana, serta membuat anggaran dan laporan keuangan untuk setiap pengeluaran, Anda memerlukan alat khusus yang dibuat khusus untuk akuntansi di lembaga nonprofit.

 

Berdasarkan hal tersebut, kita menyusun 6 syarat yang perlu dimiliki sebuah Sistem agar bisa meng-handle kebutuhan organisasi non profit. Sebagiannya merupakan irisan dengan kebutuhan organisasi profit. Berikut ke-6 hal tersebut :

 

 

1. Powerfull

Arti kata powerful dalam Kamus Bahasa Inggris – Indonesia adalah kata sifat yang maknanya sangat kuat. Namun untuk software sistem informasi, makna yang tepat lebih cenderung ke pengertian : sebuah sistem yang sesuai dengan kebutuhan, yang ditunjang dengan sifat bandel, teruji, dan tidak mudah error.

 

Sistem yang didesain untuk organisasi profit untuk digunakan pada organisasi non profit tentu bisa saja. Namun hal itu berarti dipaksakan. Jadi karakter powerfull tidak masuk pada kasus seperti ini karena sebenarnya sistem tidak cocok namun dipaksakan agar cocok.

 

Pun demikian dengan Software Sistem Informasi yang didesain untuk organisasi profit tetapi tidak cukup teruji sebelumnya. Inipun juga sama tidak mencakup di dalamnya makna powerfull.

 

Jadi trik nomor satu adalah hanya gunakan Software Sistem Informasi yang powerfull.

 

 

2. Integrated System

Pengertian Integrated secara lebih detil dapat anda baca disini. Namun secara bebas makna integrated adalah sebuah Software Sistem Informasi yang mampu mengintegrasikan (menghubungkan dalam jaringan data) antar semua komputer/ perangkat di lembaga anda.

 

Sebagai contoh misalnya di Yayasan anda terdapat 10 karyawan dengan 10 komputer yang dioperasikan. Maka makna integrated adalah menghubungkan ke 10 komputer tersebut dalam satu sistem yang terkoneksi satu sama lain. Jadi karyawan anda tidak perlu gantian komputer hanya untuk entri data ke dalam sistem atau bahkan sekedar donwload laporan bulanan.

 

Fungsi integrated system ini tidak hanya mencakup dalam satu kantor saja dengan menggunakan jaringan LAN atau WIFI, tapi tentu saja bisa juga integrated dengan kantor lain atau perangkat lain yang jauh di luar kantor atau bahkan luar kota. Koneksi menggunakan jaringan internet.

 

Dengan demikian, jelas hal ini akan mengefisiensi secara optimal pekerjaan anda.

 

 

3. Lengkap, mendukung sistem PSAK 109 atau yang selaras dengan itu

Istilah sistem PSAK 109 sebenarnya hanya merupakan sebutan agar tercipta pembeda dengan sistem akuntansi biasa yang digunakan perusahaan profit. Di dalamnya pengeluaran dibagi ke dalam 5 akun besar penjurnalan.

 

Selain itu tentu saja fungsi-fungsi umum juga harus ada agar tidak merepotkan saat menggunakan. Jika ternyata belum ada, minimal yang belum ada tersebut adalah bagian yang tidak terlalu urgen dan tentu saja bisa request untuk dikembangkan.

 

 

4. Unencrypted source code

Syarat source code yang tidak dienkripsi ini sebenarnya tidak mutlak juga. Jika memang tidak bisa, setidaknya anda harus benar-benar sudah mencoba trial demonya dengan detil. Jangan sampai anda membeli kucing dalam karung dimana begitu dibeli tidak bisa anda gunakan. Tentu eman sekali. Mubadzir kan.

 

Walaupun harganya murah tapi kalau tidak bisa digunakan buat apa ? Lebih baik anda sedikit mengeluarkan bujet lebih mahal namun powerfull dan sangat mantab untuk anda gunakan.

 

Biasanya ketentuan source code yang tidak dienkripsi ini disertai dengan perjanjian untuk tidak dikomersilkan (dijual ulang ke lembaga lain) tanpa persetujuan developer.

 

Source code yang tidak dienkripsi, atau dengan kata lain sering disebut dengan istilah open source, penting bagi anda jika ingin memodifikasi software sistem akuntansi yayasan yang telah anda beli ini.

 

Jadi jika sewaktu-waktu ada putus hubungan dengan vendor, anda masih bisa mengembangkan sendiri dengan mengangkat programmer lain.

 

 

5. Pendampingan

Kalau yang ini adalah syarat mutlak. Anda akan kesulitan jika tidak ada pendampingan saat menggunakan. Jadi pastikan dalam kontrak pembelian ada ketentuan dimana vendor akan mendampingi anda saat mengoperasikan.

 

Anda harus hati-hati terhadap penjual software yang menjebak dengan harga murah tapi tidak ada pendampingan. Ini akan menyusahkan anda. Disinilah pentingnya membuka mindset bahwa software sistem informasi adalah investasi. Bukan seperti beli biasa.

 

Bahkan sekedar pendampingan online itu sudah lebih dari cukup, jadi tidak harus bertemu muka. Apalagi di muslim pandemi seperti sekarang ini dimana semua serba jarak jauh agar tidak tertular virus.

 

 

6. Garansi

Garansi juga salah satu poin paling penting dalam pembelian Software Sistem Informasi untuk Yayasan/ Lembaga Sosial anda. Yang namanya software, pastinya akan ada saja bug seperti error atau kesalahan formula.

 

Bahkan sekelas Microsoft saja masih ditemui bug meskipun sangat jarang, apalagi software yang diproduksi pengembang kecil-kecilan. Sangat besar dan hampir pasti ada bug-nya.

 

Oleh karena itu garansi error tetap wajib ada. 

 

Feel free to discuss anything with me !

 KLIK DISINI 
WA : 0895-3536-988-66

 

Sebagai orang yang ikut membidani lahirnya Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan yang dikembangkan Amanah Solution, alhamdulillah saya tahu sedikit lebih detil tentang Sistem ini yang membuat saya merekomendasikannya untuk anda.

 

Amanah Solution mengembangkan software sistem informasi untuk yayasan/ lembaga organisasi non profit ini sudah cukup lama. Mungkin lebih dari 5 tahun perkembangannya.

 

Dimulai dari pengembangan untuk digunakan di STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto (Yayasan Pendidikan), diteruskan di Yayasan Nurul Hayat (yayasan sosial), kemudian LMI (Yayasan Sosial), kemudian terjual ke beberapa Yayasan baik Pendidikan maupun sosial.

 

 

Berikut beberapa alasan mengapa saya merekomendasikan Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan yang dikembangkan oleh Amanah Solution.  

 

1. Lengkap pilihannya (setidaknya terdapat 5 pilihan)

Berangkat dari pengalaman bertahun-tahun di dunia Organisasi nirlaba, menelurkan hasil setidaknya 5 sistem Informasi yang mendukung sistem keuangan anda. Ke-5 software Sistem Informasi tersebut adalah :

 

Untuk Yayasan Pendidikan ada 2 software yakni : Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Pendidikan dan Software Bendahara Sekolah. Software Bendahara Sekolah ini bisa digunakan untuk pengelolaan keuangan sekolah di bawah Yayasan.

 

Kedua software ini bisa diintegrasikan satu sama lain. Dimana data dari Software Keuangan Sekolah bisa ditarik dan digenerated di Sistem Akuntansi Yayasan-nya. Sehingga jelas otomatisasi ini sangat meningkatkan efisiensi kerja.

 

Adapun untuk Yayasa Sosial, juga ada 2 software yakni : Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Sosial dan Software Sistem Informasi Penghimpunan Donasi. Untuk Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Sosialnya ada 2 pilihan yakni yang sudah terstandarisasi PSAK 109 maupun yang belum.

 

Adapun Software Sistem Informasi Penghimpunan, dia menghandle transaksi harian donatur. Sekali lagi kedua software ini juga bisa diintegrasikan seperti pada Yayasan Pendidikan di atas.

 

Lembaga-lembaga besar yang sudah menggunakan di antaranya ada 3 yakni : Yayasan Nurul Hayat Surabaya, Yayasan Yatim Mandiri, dan LMI. Kemudian beberapa Yayasan lain di berbagai kota di Indonesia.

 

Adapun software terakhir adalah Sistem Penghimpunan Donasi Online. Sistem ini sudah terintegrasi dengan sistem whatsapp. Jadi jika seseorang baru saja berinfak secara online, maka otomatis dia akan mendapatkan pesan dari whatsapp seperti ucapan terimakasih yang bisa disetting.

 

Selain itu sistem ini juga sudah mengakomodir sistem pembayaran dengan berbagai jenis pembayaran online seperti : transfer dari beberapa bank terkemuka, Ovo, Doku, dan sebagainya.

 

Secara sekilas sistemya mirip-mirip dengan sistem di kitabisa.com

 

Di dalamnya juga sudah ada sistem konten terupdate untuk fungsi update berita kegiatan sebagai bentuk informasi pertanggungjawaban penggunaan donasi anda.

 

 

2. Pendampingan

Pendampingan adalah harga wajib untuk pembelian sistem informasi. Software-software yang dikembangkan oleh Amanah Solution selalu ada pendampingannya. Jadi jika anda bingung, bisa langsung bertanya. Apalagi di awal-awal pengoperasian. Namun biasanya hanya dalam 1-2 pekan pertama anda sudah bisa mengoperasikan dengan baik.

 

 

3. Garansi

Produk-produk software Sistem Informasi yang dikembangkan Amanah Solution selalu ada garansi. Bahkan Amanah Solution berani menggaransi lifetime. Artinya selama Amanah Solution masih ada, garansi ini masih berlaku. Jadi anda tidak perlu takut jika ada error atau kesalahan formula, bisa anda klaimkan langsung ke Amanah Solution untuk diperbaiki.

 

 

4. Integrated System

Semua produk Amanah Solution berkonsep integrated

 

 

5. Pilihan pembelian : jual lepas dan berlangganan

Amanah Solution juga memberikan solusi bagi anda pimpinan Organisasi Non Profit yang memiliki dana terbatas. Yakni dengan sistem berlangganan. Sistem berlangganan ini hanya bisa anda gunakan jika anda memiliki jaringan internet untuk mengakses Software ini.

 

Karena pada dasarkan berlangganan bermakna dimana software diinstall di server Amanah Solution. Anda mengaksesnya dari tempat anda.

 

Namun untuk organisasi yang ingin berkembang dengan cepat saya sarankan anda untuk membeli saja. Ini merupakan investasi. Anda mungkin akan mengeluarkan biaya sedikit lebih besar di awal. Namun yang anda dapatkan jauh lebih besar.

 

Masuk dalam pengertian investasi, kebersamaan Software Sistem Informasi yang mendampingi anda selamanya adalah garansi maksimal akselerasi cepat Yayasan anda dalam berlari.

 

 

6. Unencrypted Source Code

Semua software produksi dari Amanah Solution yang anda beli, kesemuanya tidak dienkripsi. Jadi anda akan bebas mengembangkan sendiri pada saat dibutuhkan.

 

Namun perlu diingat bahwa ada perjanjian bahwa anda tidak akan menjual ulang. ijin Pengembangan sistem hanya berlaku jika anda gunakan untuk Organisasi anda.

 

----------------------
- Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Sosial
- Software Sistem Informasi Akuntansi Yayasan Pendidikan
- Software Sistem Informasi Penghimpunan Donasi
- Software Sistem Informasi Bendahara Sekolah
- Web Penghimpunan Donasi Online 
 
Request --->  KLIK DISINI 
----------------------

------------------------------

Penulis adalah seorang Software Advisor - memberikan rekomendasi secara gratis tentang segala jenis permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan Software dan Sistem Informasi. Berpengalaman lebih dari 10 tahun di dalam membantu berbagai Perusahaan dan Lembaga untuk mewujudkan sistem sesuai dengan kebutuhan. 

------------------------------

Feel free to discuss anything with me !

 KLIK DISINI 
WA : 0895-3536-988-66