Software Gudang

Software Gudang Yang sederhana tapi powefull

 

“Pengelolaan bahan baku sangat penting untuk kelangsungan hidup sebuah perusahaan manufaktur. Tanpa pengelolaan bahan baku yang baik akan banyak bahan baku yang terbuang. Salah satu cara pengelolaan bahan baku yang baik adalah penggunaan software Bahan baku yang powerfull. Disini dibahas software untuk kepentingan tersebut.”

 

Perlu dibaca pelan dan detil untuk mendapatkan pengetahuan secara komprehensif. Durasi sekitar 15 menit.

 

Kisi-kisi Artikel :

 

Dalam tulisan kali ini, saya akan memberitahu kepada anda tentang sebuah software yang jarang sekali terdengar di telinga kita tapi sangat powerfull. Ya sebuah software yang gunanya untuk mengelola bahan baku anda.

 
Tampilan awal Software Gudang yang dimaksudSoftware Gudang Sederhana tapi Powerfull
 

Keuntungan Software Gudang Berkonsep Terintegrasi

Sebuah software gudang berkonsep Integrated System yang jika anda gunakan dalam pengelolaan bahan baku anda (dengan syarat digunakan dengan benar tentunya), insyaAllah bisa memberikan banyak keuntungan kepada anda. Keuntungan-keuntungan tersebut  diantaranya adalah sebagai berikut :

 

  1. Meningkatkan efisiensi biaya operasional

Terutama bagi anda yang sering mendapat persoalan kesulitan dalam men-tracking stok bahan baku anda. Misal : Anda merasa sepekan lalu masih banyak jumlah bahan baku anda, tapi mengapa akhir pekan sudah tinggal sekian biji/ sekian kilo misalnya.

Dengan software gudang dengan konsep ini anda bisa mengetahui berapa stok yang hilang/ lost

 

  1. Memudahkan tracking ketika anda menduga lost bahan baku

Semisal perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan olahan seperti kebab.

 

Berdasarkan pengamatan penulis sendiri contohnya, ada sebuah industri Menengah di Surabaya yang bergerak di bidang produksi bahan kebab. Sering sekali tidak bisa mengetahui berapa jumlah bahan baku yang ada. Selama ini Kegiatan pengelolaan bahan bakunya simpel aja, ketika habis maka beli. Dan sesudah di tracking dengan stock opname, biasanya sampai dengan ratusan kilo yang lost. Entah karena tercecer atau salah penggunaan.

 

Tentu ini sangat naif. Padahal kalau diperbaiki sistemnya insyaAllah potensi lost akan jauh berkurang. Disini pentingnya menggunakan software Gudang berkonsep Sistem Informasi Inventori yang meskipun sederhana, yang penting powerfull bisa meng-handle dan menyelesaikan problem ini. 

 

  1. Software ini berkonsep integrated

Jadi sudah pasti mendukung mobilitas anda. Semisal anda tidak berada di tempatpun anda masih bisa melakukan pengecekan keadaan gudang anda dengan menggunakan software ini. Bisa anda buka menggunakan laptop, komputer, maupun gadget anda. Sangat praktis.

 

  1. Mencegah kemungkinan pegawai yang nakal

Misal ada pegawai yang sengaja mengambil bahan baku tanpa sepengetahuan anda, software ini bisa meminimalisir dari tindakan tersebut. Jangan harap akan ada tangan usil yang bisa mengambil meski sedikit dari bahan baku untuk dimanfaatkan secara pribadi. Karena semuanya telah tercatat di database software yang bisa di cross-ceck-kan dengan keadaan aslinya. Jadi jika ada lost di titik tertentu, maka akan ketahuan.

 

  1. Laporan-laporan tersaji otomatis real time

Seperti kartu stok, barang masuk, dan barang keluar akan tersaji dengan otomatis. Ini sebenarnya adalah standar software yang memang harus begitu. Sehingga tidak merepotkan dan juga tidak menimbulkan redundant. Setiap data tersedia hanya satu, tidak ada duplikasi. Hanya query yang bermain. Maksudnya satu data bisa diakses dari berapapun komputer/ gadget. Laporan-laporan juga query formula saja. Simpel. Tak banyak redundant.

 
Kartu Stok tersajiSoftware Gudang menyajikan Kartu Stok

Mengapa pengelolaan gudang bahan baku itu harus baik dan benar? Ya tentu harus. Berikut bisa saya list-kan beberapa saja dari sekian banyak pentingnya pengelolaan gudang bahan baku.
 

  1. Karena bahan baku itu merupakan persediaan bahan. Stok harus seimbang. Antara yang tercatat dengan keadaan di lapangan harus sesuai. Ketidaksesuaian dapat menimbulkan permasalahan. Bagaimana jika di laporan ada tapi di lapangan tidak ada ? pastinya akan terjadi proses produksi yang mandeg. Demikian juga jika stok banyak melampaui kapasitas, tentu akan ada resiko membusuk atau rusak.

 

  1. Karena selalu ada redundant. Semakin kendor pengawasan, semakin besar redundant-nya. Semakin terjadi pemborosan. Dengan stok yang tingkat keterserapannya tinggi dan dengan stok bahan baku yang terbuang persentase-nya rendah pastinya itu merupakan variabel utama bahwa proses produksi cukup efisien.

 

  1. Tata kelola bahan baku yang baik merupakan salah satu faktor utama dalam peningkatan keuntungan perusahaan. Karena dengan keadaan stok bahan baku yang sesuai, persentase terbuangnya yang rendah menyebabkan biaya juga rendah. Pada gilirannya biaya yang dapat ditekan minim menghasilkan rasio keuntungan yang lebih besar.

 

 

Software Gudang Sudah ada dan banyak, tapi...

Sebenarnya saat ini sudah sangat banyak software yang didesain untuk pengelolaan bahan baku pada perusahaan manufaktur. Namun permasalahannya adalah dimana software pengelolaan bahan baku/ gudang tersebut rata-rata masih memiliki kelemahan di antaranya adalah  :

 

  • Terlalu kompleks.

Padahal yang dibutuh sebenarnya hanya sederhana saja. Akan tetapi di pasaran dikasih produk yang terlalu rumit. Bahkan untuk mengoperasikannya pun harus ada pelatihannya. Hal ini tentu berdampak lebih lebar. Benar memang jika sudah menguasai software secara keseluruhan memang akan meningkatkan kinerja, efisiensi, dan efektifitas dalam scub yang lebih luas tidak hanya di software pengelolaan bahan baku saja.

 

Akan tetapi yang dibutuhkan di awal hanyalah solusi sederhana pada pengelolaan bahan baku saja. Tentu penawaran solusi yang lebih besar akan memakan energi lebih besar dan juga dana yang besar.  Padahal butuhnya solusi sederhana saja, tetapi mrantak ke mana-mana meskipun itu juga baik sebenarnya.

 

  • Sebagian besar software gudang saat ini memberlakukan sistem berlangganan

Sistem berlangganan yakni sistem pembiayaan terhadap servis software ini dengan sistem cas biaya berdasarkan periode tertentu seperti bulan, atau tahun misalnya. Sementara kita inginnya pada software yang kita miliki sendiri. Harapannya dengan hal itu lebih nyaman dalam berakselerasi karena tidak was-was pada pemanfaatan data kita oleh pihak ketiga.

 

Perlu diketahui bahwa biasanya ketika software kita dikelola oleh pihak ketiga, keadaan data kita bisa dipelajari dan digunakan oleh pihak ketiga. Inilah pada dasarnya yang sering menjadi lubang hitam pada teknologi big data yang sering diulas pada berbagai forum menuju industri 4.0

 

  • Tidak terintegrasi

Kalaupun ada yang sifatnya dijual lepas, software gudang biasanya tidak terintegrasi atau sulit dibuat terintegrasi. Kalaupun ada yang terintegrasi, biayanya mahal apalagi yang jual lepas. Adapun yang berkonsep integrated biasanya di-install di server provider seperti pada pembahasan di atas. Ya meskipun di promo-nya biasanya ditawarkan kemudahan karena pengelolaan segala trouble ada di mereka. Tetapi bagi anda yang was-was dengan data anda, masih lebih baik di-install di server anda sendiri.

 

Kesemua permasalahan tersebut sudah di-cover dengan solusi yang mantab dari software gudang yang satu ini. Andapun bisa mencobanya secara free terlebih dahulu sebelum membeli. Sehingga semakin mantab untuk membeli.

 

Naifnya, software ini sebenarnya sudah lama tapi baru kali ini ada ide untuk menuliskannya. Semoga berkenan.

 

Sifat Software Gudang yang satu ini

Jadi pada intinya, saat ini sudah hadir software gudang bahan baku sederhana yang sangat powerfull yang sudah dikembangkan. Sifatnya adalah :

 

  • Terintegrasi, bahkan bisa diakses oleh berapapun jumlah admin maupun operator. Unlimitted

 

  • Sederhana, artinya tidak bertele-tele.

 

  • bisa diimplementasikan dengan mudah, bisa langsung di-install-kan oleh pengembang di server

 

  • Jual lepas. Artinya sekali bayar selesai. Tidak ada pembiayaan apapun lagi. Tentunya kecuali jika anda belum memiliki server dan juga tidak punya hosting sendiri, maka ada biaya nya disitu sesuai dengan biaya yang di berlakukan oleh provider yang anda pilih.

 

  • Bisa diintegrasikan dengan software lain yang sudah ada yang ber-framework

 

  • life time support jika software trouble yang diakibatkan oleh error atau kesalahan formula pada software-nya.

 

Sekali lagi software Gudang ini bisa anda coba trialnya. Untuk trial silahkan hubungi whatsapp nomor berikut KLIK DISINI.

 

Yang sudah menggunakan Software Gudang ini

Yang sudah menggunakan baru beberapa saja sebenarnya . Tapi kebanyakannya adalah perusahaan yang sangat mapan dan besar. Diantaranya adalah :

  1. Girder Indonesia (Kontraktor jalan), sebuah perusahaan Kontraktor jalan yang telah memiliki beberapa cabang di Indonesia. DI wilayah Waru Surabaya perusahaan ini memiliki kantor yang sangat besar dan puluhan karyawan tetap. Di kantor mereka tampak beberapa puluh kendaraan operasional seperti truk, dan mobil-mobil para pejabatnya.
  2. PT WIFI (West Irian Fishing Industries) adalah perusahaan penangkapan Ikan. Beroperasi di wilayah Papua.
  3. PT West Papua (Perakitan Kapal). Adalah perusahaan perakitan Kapal di wilayah Papua Barat.

 

Beberapa perusahaan yang lain yang menggunakan software gudang yang satu ini belum sempat diinformasikan.

 

Yang cocok menggunakan Software Gudang ini

Pada intinya yang cocok menggunakan Software Gudang ini adalah perusahaan-perusahaan yang berkonsep manufaktur seperti berikut :
 

  1. Kontraktor bangunan.

Software ini mengelola bahan baku seperti : pasir, semen, batu bata, dan bahan-bahan untuk membangun yang lain. Dengan software ini bisa ditekan jauh lebih kecil lost bahannya.
 

  1. Pengembang Perumahan

Sama seperti kontraktor bangunan, dengan software ini bisa meng-handle stok bahan baku sehingga lebih terkontrol persediaannya.
 

  1. Kontraktor jalan

Bisa untuk meng-handle bahan aspal, semen cor jalan, dan lain sebagainya. Sudah dibuktikan oleh PT. Girder Indonesia. Mereka juga menggunakan software ini.

  1. Perusahaan Kapal

Kita semua tahu bahwa untuk pembuatan kapal, banyak sekali piranti bahan yang digunakan. Bahkan ribuan atau ratusan ribu part. Untuk mengelolanya diperlukan software gudang yang handal dan powerfull. Anda bisa menggunakan software ini. Software ini sudah digunakan oleh PT. West Papua yang bergerak di bidang perakitan kapal.
 

  1. Pembuat mesin produksi.

Dulu pernah ada salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan mesin produksi. Pernah minta untuk membuat software. Belum diimplementasikan sih. Tapi sepertinya pake software ini bisa diusulkan untuk perusahaan sejenis. Apalagi sudah pernah diimplementasikan di perusahaan perakitan kapal. Tentu menambah portofolio.
 

  1. Perusahaan Exhibisi/ Pameran

Perusahaan eksibisi untuk mengembangkan properti pameran yang baik tentu perlu bahan seperti triplek, cat, sterefoam, acrylic, dan lain sebagainya. Untuk mengelola bahan-bahan ini anda perlu software ini.
 

  1. Katering

Setiap perusahaan catering pasti mengolah bahan baku makanan menjadi makanan jadi siap santap. Potensi lost bahan sangat besar. Gunakan software ini untuk mengurangi jauh resiko lost bahan.
 

  1. Home industri

Semua home industri yang bersifat manufaktur, yaitu mengolah bahan baku menjadi bahan jadi atau setengah jadi.
 

  1. Pembuat makanan/ minuman

Semua industri makanan dan minuman olahan.

 
Cocok Untuk semuaSoftware cocok Untuk semua Industri Manufaktur

Fitur

Berbagai fitur yang bisa anda dapatkan :

 

  • levelisasi pengguna dalam 3 tingkatan akses : [admin (full akses), manager (view only), dan operator (edit transaksional)]

 

  • Menu pengaturan supplier, lokasi/ gudang barang, kategori grup barang, tambah barang, dan setting stok awal barang.

 

  • Setting tambah barang meliputi : kode barang, nama barang, brand, foto, spesifikasi, harga, satuan, stok awal

 

  • Fitur search barang berdasarkan nama barang, brand, kategori, dan lokasi barang

 

  • Fitur alert range, sehigga bisa diketahui keadaan stok barang. Jika sudah menipis akan ada peringatan. (Warna hijau masih stok aman, warna kuning perlu diperhatikan, warna merah sudah saatnya ditambah stoknya)

 

  • kapasitas peyimpanan data yang nyaris tak terbatas (ratusan ribu sampai dengan jutaan data) sesuai dengan paket kapasitas database yang dipilih.

 

  • Menu transaksional barang masuk dan barang keluar. Termasuk penambahan menu pencarian transaksi berdasarkan tanggal transaksi, supplier, dan kategori barang.

 

  • Menu laporan berupa : kartu stok, barang masuk, barang keluar, laporan persediaan. Kesemuanya dapat diekspor ke pdf dan diprint.

 

Requirement

  • Jalan under browser (recommended : mozilla firefox) sehingga mudah dijalankan dan juga bisa di-online-kan

 

  • Multiple user (sangat cocok untuk digunakan banyak komputer (jaringan) sekaligus dan bisa juga single computer)

 

  • Sofware server menggunakan Xampp 1.8.2 (telah disertakan dalam paket software)

 

  • Software PDF reader (bisa disertakan dalam paket software) untuk membaca softcopy laporan-laporan dan manual book

 

Servis

  • Unlimitted periode lisensi. Artinya sampai kapanpun software gudang tetap punya anda.
  • Garansi free perbaikan jika terjadi error lifetime
  • life time support dan customize (jika diperlukan, maka dapat dilakukan penyesuaian fitur sesuai yang dibutuhkan)
  • bantuan instalasi (jarak jauh pake software remote anydesk)
  • training online penggunaan sampai dengan bisa, baik menggunakan whatsapp chat, video, pic capture, maupun remote anydesk.

 

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap software ini, silahkan klik disini. Atau penjualnya langsung dengan meng-klik disini.

 

Apa sih software ini?

 

Namanya adalah :

Amsol Inventori !