Web Penjualan Software Manajemen Pengelolaan Kost

Softwarekost.com merupakan situs webblog yang saya bikin secara spesial khusus untuk menjual produk software Sistem Informasi Pengelolaan Manajemen Kos-kosan. Dari sini bisa kita rasakan bahwa niche yang saya ambil sangat spesifik berupa niche software untuk manajemen kos-kosan.

 

Sejarah dan Tujuan Awal

Awalnya bahwa informasi semua produk yang saya jual saya kumpulkan jadi satu di web Amanah Solution. Namun kemudian saya rasakan bahwa penjualan paling bagus di Amanah Solution adalah software Manajemen Pengelolaan Kost ini. Saya lihat banyak orang yang membeli software ini dari web Amanah Solution.

 

Teori Pareto benar-benar nyata terjadi di Amanah Solution. Dimana satu produk menyandang 80 % penjualan, sementara sumbangan penjualan dari produk lain hanya 20 %. Produk yang 80 % tersebut adalah Software kos-kosan (Amsol Sikos). Walaupun persentase ini tidak persis sama, setidaknya pendekatan Pareto ini bisa saya lakukan. Dalam teori tersebut, produk paling laku hendaknya diperlakukan lebih dibanding produk lain.

 

Oleh karena itu saya berpikir bahwa akan lebih baik jika saya memiliki sebuah situs khusus untuk mewadahi produk Software Sistem Informasi Pengelolaan Manajemen Kost ini. Akhirnya pada tanggal 11 Juni 2017, saya memberanikan diri untuk membeli domain softwarekost.com. Dan tak terasa saat ini usia domain softwarekost.com sudah 4 tahun.

 

 

Mengenai Produknya

Mengenai produk yang saya jual di softwarekost.com ya sebagaimana yang saya tulis di awal, yakni software manajemen pengelolaan kos-kosan. Software ini saya namakan Amsol Sikos. Dari sisi kualitas dan layanan, saya berani diadu bahwa software yang kita bikin di Amanah Solution ini merupakan software manajemen pengelolaan kost yang paling lengkap saat ini.

 

Kami menyediakan software dengan konsep jual lepas maupun sistem berlangganan. Bagi yang berat dengan membeli lepas, maka bisa dengan berlangganan. Harga beli lepas antara 4 juta – 9 juta per kopi. Ini sudah termasuk semua servisnya yang meliputi : paket software yang source code nya tidak dienkripsi, jasa instalasi, jasa pendampingan, dan juga garansi error lifetime.

 

Adapun untuk berlangganan harganya murah saja. Ada paket 75 ribu, 95 ribu, dan paket paling lengkap 145 ribu/ bulan. Namun untuk berlangganan ini, tidak bisa berlangganan hanya satu bulan. Minimal berlangganan adalah selama 6 bulan. Karena sebuah software pengelolaan manajemen kos-kosan, anda tidak akan mengetahui manfaatnya sebelum minimal ada entrian selama 6 bulan.

 

Selain itu, alasan lainnya adalah bahwa kami tidak sumbut dengan biaya dan energi untuk jasa instalasinya kalau anda hanya berlangganan 1 bulan.

 

Namun jika anda hanya sekedar ingin mencoba, maka sudah saya sediakan trial coba-cobanya. Anda bebas mencoba sampai puas trial onlinenya. Dan jika tertarik untuk memiliki, bisa langsung transaksi.

 

Tampilan softwarekost.comTampilan softwarekost.com

 

 

Sejarah Perkembangan Produk

Amsol Sikos awal mulanya hanyalah proyek kecil membantu mahasiswa yang mengerjakan Tugas Akhir. Dia mengambil tema tentang Pengelolaan Kos-kosan, kemudian dia minta kita bantu mengerjakan softwarenya. Awalnya ya tidak selengkap sekarang. Saat itu baru versi pertama, yang tidak mobile friendly dan masih terkesan kuno.

 

Kemudian saya coba iseng-iseng mengorbitkannya menjual secara online. Ternyata ada respon positif. Dan beberapa orang akhirnya transaksi.
Kemudian dari beberapa pembeli tersebut memberikan masukan supaya diberi dan dikembangkan fitur ini dan itu.

 

Sampai akhirnya kita kembangkan ke versi 2 yang mobile friendly. Kemudian selanjutnya ke versi 3 untuk laporan jadi satu yang mewadahi kos-kosan satu lokasi, dan akhirnya ada versi 4 dimana di versi ini sudah memfasilitasi untuk pemilik kos-kosan yang memiliki kos lebih dari satu.

 

Saat ini dimana saking lengkapnya fitur-fiturnya, insyaAllah Amsol Sikos bisa juga dipakai oleh Losmen, Penginapan seperti Motel, Guest House, Home Stay, persewaan stand, bahkan Hotel (melati). Jadi intinya semua bisnis yang berkonsep persewaan ruangan insyaAllah bisa dihandle oleh Amsol Sikos.

 

Saat ini juga sudah ada tambahan modul software retail (untuk mengelola bisnis selain kos) dan software akuntansi terstandarisasi. Untuk yang kedua ini tidak sembarangan vendor bisa menyediakan karena programmer harus memiliki keahlian ilmu akuntasi (selain ilmu pemrograman).

 

 

Isi Konten Softwarekost.com

Karena fokusnya adalah untuk menjual produk Software Manajemen Pengelolaan Kost, maka konten yang saya tulis untuk softwarekost.com juga seputar pengelolaan kos-kosan. Dan yang paling utama adalah tentu berpikirnya dari bagaimana meningkatkan kualitas pengelolaan sebuah kos-kosan dengan menggunakan software dengan konsep software seperti yang saya buat, yang saya namakan Amsol Sikos diatas.

 

Hanya saja saya tidak seagresif dulu di awal-awal membuat web softwarekost.com. Entah sudah berapa lama terakhir saya update website ini. Mungkin 6 bulan saja sudah ada. Tapi alhamdulillah masih ada saja traffic yang masuk dan menghubungi saya.

 

Tak sedikit juga yang akhirnya terjadi penjualan.

 

Jadi ini sebenarnya adalah salah satu manfaat bermarketing dengan menggunakan konsep web dengan ada blog-nya. Seperti sebuah investasi jangka panjang dimana seperti aset online yang terus mengalirkan pengunjung ke web kita dan beberapa di antaranya akhirnya membeli dan terjadilah transaksi.

 

Sekolah Membangun Web Bisnis

 

 

Rencana pengembangan

Softwarekost.com ke depannya sepertinya tidak akan banyak saya kembangkan dalam hal menu, fitur, apalagi desain. Kecuali tentu saja jika tiba-tiba saya mendapatkan ide baru yang dapat menghasilkan banyak penjualan, tentu lain ceritanya.

 

Mungkin untuk pengembangan hanya akan saya tambahkan konten saja. Jika ada ide konten baru sudah tentu akan saya update-kan di softwarekost.com insyaAllah.

 

Adapun untuk saat ini saya ingin fokus menambah komunitas Ngobiss Network dengan titik tekan pada mengembangkan Sekolah Membangun Web Bisnis.

 

Dengan mengajarkan ilmu saya dalam dunia pengembangan web untuk bisnis, saya berharap akan banyak orang yang memiliki kesepahaman dengan saya sehingga kita bisa bekerjasama secara kolektif membangun bisnis berbasis pengetahuan ini secara bersama-sama.

 

Sekolah Membangun Web Bisnis

 

Untuk join klik icon whatsapp di pojok kanan bawah website ini.